Pasca Dilaporkan Warga Ke Polda Bengkulu, Bos Galian C Bagi-bagi Bantuan

Kaur – Pada Rabu lalu (3/6/2020), Warga Desa Pulau Panggung dan Desa Kepahyang Kecamatan Luas Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu, melaporkan aktifitas Galian Tambang yang dilakukan CV Jaya Lestari yang berada diwilayah desanya, yang terletak dipinggir Sungai Luas.

Masih berkaitan dengan kasus diatas, Ketua LSM Lippan Jaya, Asep, menyoroti kasus yang dilaporkan warga ini, dengan harapan penegakan hukum terus berlangsung.

“Harapan kami penegakan hukum tentang kasus yang dilaporkan oleh warga Kecamatan Luas tentang kegiatan tambang galian C itu terus dilakukan, walaupun pihak Pemilik atau Bos Tambang sudah bagi-bagi bantuan kepada warga, hal ini dikarenakan sudah terjadi kerusakan lingkungan pada aliran sungai Luas”. Kata Ketua Lippan Jaya kepada wartawan, Jum’at (12/6/2020).

Ditambahkan lagi, apalagi diketahui saat ini beberapa titik sudah banyak terjadi abrasi, yang berakibat dengan telah mengganggu infrastruktur milik pemerintah, seperti halnya tergerusnya beberapa titik Jalan oleh Abrasi dan banyak irigasi tidak berfungsi lagi.

“Sesuai dengan aturan yang terdapat pada PP Nomor 27 Tahun 2012 tentang Izin Lingkungan, maka izin lingkungan akan dicabut apabila terjadi dampak yang signifikan akibat aktivitas tambang tersebut, dengan dicabutnya izin lingkungan tentunya pengusaha Tambang Galian tidak bisa lagi melakukan aktivitas pertambangan”. Jelas Ketua Lippan Jaya.

Terpisah, setelah dilaporkan warga beberapa pekan yang lalu, kemarin (11/6/2020) pihak CV Jaya Lestari telah memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar tempat usaha pertambangan, berupa uang pembangunan masjid dan uang pembinaan karang taruna,
(Ynd)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.