Pasar Tumpah Belakang Kodim Brebes Jadi Sasaran Massa di HPSN 2019

Brebes, NusantaraTerkini.Com – Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019 ini diperingati Wong Brebes dengan kegiatan sadar lingkungan berupa kerja bakti pembersihan sampah serta saluran irigasi di Pasar Tumpah Belakang Kodim Jalan Kompol Bambang Suprapto serta Sub Terminal Angkutan Desa Type C Brebes di Jalan Jenderal Sudirman No. 129 Desa Brebes Lor Kecamatan Brebes.

Kegiatan dimotori oleh TNI Kodim 0713 Brebes dengan melibatkan Polri, instansi Pemerintah Daerah, Kelurahan, masyarakat umum serta para pelajar. Hal ini dibenarkan Komandan Kodim, Letkol Infanteri Faisal Amri, SE, saat memimpin apel pagi pengecekan dan pembagian tugas bersih-bersih di Lapangan Apel Makodim. Kamis (21/2/2019).

Dikatakannya, “HSPN 2019 yang bertemakan kelola sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai diperingati TNI bersama masyarakat. Sengaja dipilih tempat umum ini sebagai upaya menyadarkan pedagang maupun pengunjung pasar agar memperhatikan pembuangan sampah,” ungkapnya.

Ditambahkannya, meningkatnya sampah secara masif harus dibarengi dengan gerakan pengurangan, ini semua demi estetika lingkungan, kenyamanan para pedagang dan pembeli serta masyarakat setempat. Dengan menumpuknya sampah di saluran irigasi tentunya dapat menghambat pengeringan serta menyebabkan banjir, sedangkan bonusnya adalah pemandangan serta bau yang tak sedap.

Dikedua lokasi ini, asal sampah mayoritas dari kurang sadarnya perorangan dalam membuang sampah, irigasi dijadikan jalan pintas guna melenyapkannya. Inilah yang coba di gugah TNI Brebes dengan kegiatan pembersihan yang kesekian kalinya ditempat yang sama.

Apa yang dilakukan massal ini mendapatkan apresiasi dari Kepala Pasar Induk Brebes, Muritno. Pasalnya, selain membantu dinas terkait menangani sampah lingkungan pasar, juga sangat bermanfaat dalam menumbuhkan memupuk soliditas serta kesadaran majemuk, sehingga tidak hanya mengandalkan dinas terkait saja dalam memeranginya. (Aan/Peri Sapran).

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.