Pantai Kualo, Wisata Alam Kece Badai di Bengkulu

NusantaraTerkini.Com – Pantai Kualo adalah salah satu satu destinasi wisata yang kece banget di kota Bengkulu.  Pantai Kualo mulai dikenal wisatawan setelah Pemerintah Provinsi Bengkulu membangun jalan poros di sepanjang Pantai Panjang pada 2009. Sebelumnya kawasan pantai ini merupakan pusat kapal-kapal nelayan tradisional di Kelurahan Pasar Bengkulu. Kurang dari 15 menit dari Pantai Panjang sampailah di Pantai Kualo.

Pantai ini membentang di kawasan jalan Bencoolen, Pasar Bengkulu, tepatnya di bagian ujung Pantai Kualo, kita dapat menikmati sunset di dekat pulau yang diapit oleh muara dan Pantai Kualo. Alamat lengkapnya yaitu berada di daerah Pasar Bengkulu, Sungai Serut, Kota Bengkulu. Pantai ini berada di sebelah kiri sebelum jembatan kualo dekat dengan tugu perjuangan. Jadi teman-teman harus memperlambat sedikit kecepatan kendaraan saat akan tiba di sana karena takut kelewatan hehehe.

“Pantainya lebih asri dan bersih karena belum banyak terjamah tangan manusia serta bebas sampah,” ujar Sulastri salah satu pengunjung di sini.

Terakhir kali ke sini, saya belum dibebankan biaya masuk hanya ada biaya parkir  Rp.2000 saat hendak keluar. Uniknya di sini ada sebuah kafe yang bernama “Kafe Cemara”. Jadi teman-teman nggak usah takut kelaparan dan kehausan jika berkunjung ke sini karena kafe ini menyediakan makanan ringan seperti kentang goreng dan sosis goreng, lalu juga makanan berat seperti mi goreng dan nasi goreng. Untuk harga jangan khawatir karena pastinya masih bersahabat di kantong kita hehehe.

Kafe ini didesain dengan suasana taman. Tersedia kursi-kursi indoor dan outdoor serta juga terdapat gazebo di sana. Teman-teman bebas memilih untuk duduk di mana saja karena pastinya pelayan kafe ini akan menghampiri teman-teman dan menjelaskan menunya dengan sangat ramah. Di bagian kanan kafe juga terdapat kapal yang tidak digunakan lagi tapi telah dihias sedemikian rupa sehingga anak-anak suka sekali bermain di sana.

Spot favorit para pengunjung di sini adalah jejeran kursi putih beserta payung besar di pinggir pantai. Teman-teman nggak usah sungkan dan malu buat berpose ala ala model ternama karena memang tempatnya ini “chic” banget. Banyak sekali muda-mudi dan keluarga di sini berdatangan yang tujuan utamanya untuk berfoto dulu di kursi panjang ini. Duduk bersantai di kursi panjang sambil minum es kelapa muda adalah kebahagian sederhana yang sangat menenangkan. Apalagi ombaknya yang tenang dan bersih membuat kita ingin berlama-lama bersantai di sini.

“Fasilitas di Pantai Kualo ini sudah cukup memadai apa lagi tersedia tempat ibadah dan WC. Sangat aman untuk tempat bermain anak-anak sehingga cocok dijadikan tempat untuk rekreasi keluarga,” ujar Novianto, ST ketika mendampingi anaknya bermain di sekitar kapal.

Teman-teman juga bisa berjalan-jalan disekitar pantai untuk bermain pasir dan menikmati udaranya yang terik namun tetap sejuk saat siang hari. Teman-teman juga bisa menikmati sunset pada sore hari sambal tetap duduk selonjoran di kursi putih sambal menggunakan kacamata hitam terus difoto deh. Waduh, bakal mengundang banyak likers kalau fotonya diunggah di Instagram hehe. Pantai ini juga sering digunakan untuk tempat foto prewedding pasangan yang akan menikah, mantap khan.

Pantai ini memang masih sangat asri dan tenang sehingga pada tahun 2018 pernah dijadikan sebagai tempat pelepasan Tukik sebanyak 500 ekor. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa, siswa SD, SMP, dan SMA se-kote Bengkulu.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah yang waktu itu masih menjabat sebagai Plt. Gubernur membuka langsung kegiatan tersebut, “Kegiatan ini adalah suatu kegiatan yang positif dan perlu dilakukan terus menerus untuk menjaga alam,” tuturnya. (red/adv)

Suasang Alam Nan Asri

 

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.