Pandai Besi Jatiroyom Pemalang Berharap Tuah Publikasi TMMD

Pemalang, NusantaraTerkini.Com – Harapan bertambahnya penghasilan keluarga, kini ada di benak Surip (31) pandai besi asal Desa Jatiroyom Kecamatan Bodeh. Publikasi jurnalistik TMMD Reguler Kodim 0711 Pemalang mencoba mengangkatnya melalui rekan-rekan media baik lokal, luar daerah dan luar Jawa maupun nasional.

Surip, warga Dusun Kaliwadas Rt. 04 Rw. 02 kesehariannya mendapatkan order berupa reparasi cangkul, parang, golok dan sejenisnya, dengan penghasilan harian antara 50-100 ribu rupiah.

Saat ditanya Sertu Wahid, anggota jurnalis pencari dokumentasi TMMD lapangan, dirinya berharap dikenal umum sehingga bisa menikmati pesanan pembuatan peralatan rumah tangga maupun kebun dari luar daerah.

“Saya berterima kasih akan diperkenalkan ke media luar Pak. Semoga kedepan lebih meningkat tidak sebatas reparasi saja, melainkan pesanan pembuatan peralatan dapur dan pertanian,” harapnya.

Ditambahkannya, selama ini kebanyakan pesanan adalah mereparasi cangkul (menyambung cangkul) agar panjang dan tajam kembali dengan ongkos 60 ribu rupiah. Terkadang sesekali ada juga permintaan pembuatan parang atau sabit dengan biaya 25-40 ribu rupiah dengan catatan bahan berupa besi dibawa sendiri oleh pemesan.

Inilah harapan salah satu warga sasaran pembangunan TMMD Reguler 104 Pemalang yang sudah menekuni profesi tersebut turun-temurun selama 26 tahun. (Aan Pendim Pemalang).

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.