Pak HAM Papua : Dialog Selesaikan Masalah Papua

NusantaraTerkini.Com, Papua – Perhimpunan Advokasi Kebijakan HAM (PAK HAM) Papua berkesempatan melaksanakan diskusi berthemakan Kontra Status Politik Bangsa Papua 1 Desember 1961 – 1 Desember 2018.

Dalam kesempatan itu, Direktur Pak HAM Papua Matius Murib menyampaikan penangkapan dan upaya kekerasan apapun tak akan bisa menyelesaikan masalah.

“Penangkapan tak akan menyelesaikan masalah, buktinya yang ditangkap idiologinya tetap ada dan setelah keluar tetap berjuang,” jelas Matius Murib mengawali diskusi tersebut, Sabtu (1/12).

Menurutnya untuk mencari solusi dari semua permasalahan yang ada sudah seharusnya semua elemen baik yang pro pemerintah maupun yang inginkan Papua Merdeka duduk bersama laksanakan diskusi/dialog.

“Harapannya tak ada lagi yang mati gara-gara politik,” tambah Matius.

Hal senada juga diinginkan anggota DPRP Papua Yonas Nusi yang hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.

Ia berpendapat jika anak muda Papua harus cepat mengambil keputusan di era globalisasi ini.

“kalau kita lakukan aksi-aksi malah akan berbenturan dengan aparat. Kalau duduk bersama dalam forum resmi itu jauh lebih berwibawa, ingat pemuda Papua jangan lambat ambil keputusan, pemuda harus bicara Ekonomi dan turut terlibat dalam pembangunan Papua, kalau tidak dan hanya bicara komunikasi politik maka kita hanya akan berbenturan dengan aparat keamanan karena regulasi yang ada,” tegas Yonas Nusi.

Atas pelaksanaan diskusi tersebut, pihaknya mengapresiasi PAK HAM Papua.

“Kami harapkan PAK HAM Papua fasilitasi semua elemen, baik itu Polda, Kodam hingga KNPB, dari pada lakukan demo kita dianggap anarkis padahal ada jalan lain,” jelasnya lagi.

Ia juga menilai harusnya yang dipikirkan bagaimana rakyat Papua mendapat hak – haknya baik dibidang ekonomi maupun pendidikan. (Fai)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.