Orientasi Ranwal RKPD Kabupaten Paluta Tahun 2022

Paluta, Nusantaraterkini.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mengadakan kegiatan yang bertajuk Orientasi Rancangan Awal RKPD tahun 2022 di Aula Bappeda Paluta, Jumat (11/12).

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan pada Setdakab Paluta Haholongan Siregar saat membuka acara menyampaikan tujuan kegiatan adalah untuk menyamakan pemahaman dan menyepakati proses serta jadwal penyusunan Ranwal RKPD Pemkab Paluta.

“Dokumen RKPD Paluta berisikan target-target yang akan dicapai dan program-program prioritas per OPD yang akan dilaksanakan pada tahun 2022 sesuai dengan tupoksi masing-masing,” jelas Haholongan yang didaulat sebagai narasumber.

Ia berharap agar dalam orientasi ini mendapatkan masukan penting yang lebih menitikberatkan pada aspek teknokratis, dan oleh karena itu orientasi RKPD tahun 2020 dapat dilaksanakan secara terbatas dengan mengundang para pemangku kepentingan utama yang terdiri dari seluruh kepala satuan perangkat daerah.

Selain itu, menurutnya, orientasi ini juga bertujuan untuk menganalisis dan menginterpretasi data dan informasi yang digunakan dalam perumusan kebijakan perencanaan tahun 2022.

“Sehingga, hasil yang kita harapkan dari program yang telah disusun ini bisa berdaya guna dan berhasil demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat kabupaten Paluta,” harapnya.

Haholongan Siregar juga memaparkan secara singkat mengenai sinkronisasi perencanaan dan penganggaran pusat dan daerah dalam satu kesatuan sistem perencanaan pembangunan daerah.

Ia juga merincikan tahapan-tahapan penyusunan RKPD yang dimulai dari persiapan penyusunan, penyusunan Ranwal, penyusunan rancangan, pelaksanaan Musrenbang perumusan rancangan akhir hingga penetapan.

Koordinator kegiataan dan ketua panitia rancangan awal RKPD Paluta tahun 2022 Rahmad Hidayat Siregar S.Sos MM mengatakan tujuan acara tersebut adalah agar dapat menyepakati prioritas pembangunan kabupaten Paluta dan program prioritas PPD tahun 2022.

“Selain melaksanakan amanat Permendagri No 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara Evaluasi Ranperda tentang RKPJPD dan RPJMD serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD dan Permendagri nomor 90 tahun 2019 tentang klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah,” kata Kabid Sosbud dan Pemerintahan pada BAPPEDA Paluta ini.

Ia mengungkapkan, orientasi tersebut juga akan menghasilkan terjaringnya aspirasi dari pemangku kepentingan agar mendapatkan masukan dan saran untuk menyelaraskan pembangunan di kabupaten Paluta.

Karena menurutnya, hal tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah daerah Paluta memperbaiki sekaligus meningkatkan kualitas perencanaan dan meningkatkan tahapan-tahapan penyusunan RKPD Paluta pada tahun 2022 yang akan menghasilkan dokumen perencanaan pembangunan yang baik dan program yang berdaya guna untuk mensejahterakan masyarakat Paluta.

“Saat ini kita masih di tahapan awal dulu. Nanti secara teknis, mana yang menjadi program-program prioritas akan dibahas kembali di pertemuan selanjutnya yakni pada kegiatan konsultasi publik, Focus Group Discussion serta kegiatan musyawarah perencanaan berikutnya,” pungkasnya.

Sementara itu, narasumber lainnya yakni Kepala BPS Paluta Bahar Arif Lubis SE M.Si memaparkan tentang potret kinerja ekonomi makro kabupaten Paluta. Acara diikuti oleh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat se-Paluta. (AYH)

Rekomendasi
Loading...

Ruangan komen telah ditutup.