OLAHRAGA Dispora Provinsi Bengkulu Ungkap Strategi dalam Menyiapkan Atlet Berkualitas

Bengkulu,Nusantaraterkini.com – Dinas Pemuda dan Olahraga (DISPORA) Provinsi Bengkulu ingatkan, harus ada pembinaan atlet dalam jangka panjang, sehingga lebih banyak meraih juara.

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Aswandi M.Pd mengatakan, Salah satu pembinaan yang dilakukan oleh Dispora Provinsi Bengkulu ialah Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) serta Sekolah Khusus Olahraga (SKO). Untuk PPLP meliliki dua Cabang Olahraga (CABOR) yaitu, Atletik dan Angkat Besi.

“Di Bengkulu ada PPLP, binaan kita Provinsi Bengkulu jadi melalui dana APBN kita ada dua cabor, atletik dan angkat besi, kemudian SKO ada beberapa cabor,” ucap Aswandi pada, Rabu (21/02/2024)

Aswandi mengungkapkan, anggaran PPLP berasal dari APBN yang akan dikucurkan terakhir pada tahun 2024, Sehingga harus ada bantuan dana selain dari APBN, yaitu dana APBD.

Cabor Atletik, sumber net

“Informasi dari orang Kemenpora bahwa PPLP ini dananya stimulus mungkin kayanya setahun ini trakhir enga disupport lagi dari APBN, artinya kita harus ada antisipasi menganggarkan dana APBD ini untuk membina atlet yang siap bertanding dilevel Nasional,” ujar Aswandi

Aswandi menegaskan, tidak mungkin atlet dapat juara di Nasional, karena menurutnya harus ada pembinaan atlet yang cukup serius, dengan jangka waktu yang panjang.

Ia menerangkan, hal yang dapat dilakukan adalah dengan anggaran APBD, yang nantinya diberikan pada Pusat Pendidikan Dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD), itu untuk membina cabang unggulan yang ada di Provinsi Bengkulu. Seperti Cabor Gulat, Atletik, Tinju, Silat, dan Karate.

“Jadi cabor-cabor itu kita bina khusus dalam wadah PPLPD namanya, dianggarkan dari dana APBD, namun sekalilagi kita harus mengantisipasi pembinaan itu kalo tidak event Nasional kita akan kesulitan,” tutupnya. (Advetorial)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.