Oknum PNS Tipu Warga, Ngaku Bisa Luluskan Taruna Poltekip

Loading...

Kota Bengkulu – Satreskrim Polres Bengkulu berhasil membekuk Suwarto (47) warga Tanah Merah Ogan Komering Ulu (OKU) lantaran melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan di Kota Bengkulu.

Suwarto nekat melakukan penipuan terhadap Baizon Bakti dengan iming-iming akan meluluskan anaknya dalam seleksi penerimaan Taruna Poltekip (Politeknik Ilmu Permasyarakatan) tahun 2018 dengan syarat menyetorkan uang sebesar Rp. 250 juta rupiah.

Namun, setelah uang sudah disetorkan, nama anak korban tidak lulus menjadi Taruna Politeknik tahun 2018 dan uang yang sudah disetor tidak dikembalikan pelaku. Korban yang merasa tertipu langsung melaporkan kejadian tersebut ke polisi.

Kapolres Bengkulu AKBP Pahala Simanjuntak melalui Kasat Reskrim AKP Indramawan Kusuma Trisna membenarkan kejadian tersebut. Pelaku ditangkap 20 Januari 2020 kemarin di rumahnya jalan Suprapto Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu.

“Tersangka ini merupakan PNS di Rupbasan Provinsi Bengkulu. Dia melakukan penipuan dengan menjanjikan akan meluluskan di Politeknik Ilmu Permasyarakatan dengan setoran uang Rp. 250.000.000 rupiah,” ujar Kasat Reskrim, Jumat (24/1) siang.

Bersama pelaku, polisi juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti (bb) berupa satu lembar kwitansi titipan uang dari korban, satu lembar kartu peserta ujian calon Taruna, satu lembar bukti pendaftaran sekolah kedinasan 2018, satu lembar kartu informasi akun sekolah, dan satu lembar tanda bukti kartu pendaftaran seleksi calon taruna.

Saat ini tersangka harus mempertanggung jawabkan perbuatannya di sel tahanan Mapolres Bengkulu. Tersangka dijerat Pasal 378 KUHP atau Pasal 372 KUHP dengan ancaman penjara 4 tahun. (red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.