Terbit : 17 Oktober, 2019 - Jam : 00:21

Non Fisik TMMD Reguler Cilacap : Pembekalan Kesadaran Ketahanan Bangsa Bagi Ormas

Loading...

Cilacap – Kegiatan non fisik TMMD Reguler 106 Kodim 0703 Cilacap, salah satunya adalah diisi dengan Sosialisasi Kesadaran Ketahanan Bangsa Bagi Organisasi Kemasyarakatan, yang digelar di Aula Balai Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Rabu (16/10/2019).

Disampaikan narasumber dari Badan Kesbangpol Kabupaten Cilacap, Titi Sugiarti, bahwa keberadaan organisasi masyarakat/Ormas telah berkembang dengan jumlah yang cukup banyak, namun belum dibarengi dengan pelaporan kepada dinas terkait yaitu Kesbangpol.

“Persoalan ini muncul akibat adanya perubahan aturan yang mengacu kepada UU No. 17 Tahun 2013, yaitu pendaftaran Ormas dilakukan langsung ke pemerintah pusat,” ucapnya di hadapan puluhan peserta.

Lanjutnya, berbeda dengan sebelumnya, dimana pihak Pemkab mempunyai wewenang dalam menerbitkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) Ormas. Namun demikian, walaupun pendaftaran langsung ke pusat namun Ormas wajib melapor ke Pemkab.

“Pelaksanaan di lapangan, masih banyak Ormas yang belum mematuhi aturan ini, karena tingkat kesadaran yang memang masih rendah. Sedangkan syarat yang harus dipenuhi Ormas relatif mudah yaitu hanya akta notaris, AD/ART serta surat domisili yang diketahui pemerintah desa,” jelasnya.

Untuk itulah pihak Kesbangpol hadir dalam kegiatan non fisik TMMD Reguler, guna melakukan pembinaan kepada pengurus dan anggota Ormas melalui sosialisasi. Tujuannya adalah, selain demi stabilitas wilayah, juga agar Ormas yang terdata di Badan Kesbangpol setempat, maka diharapkan mendapatkan bantuan dana pengelolaan dari pusat. (Pendim Cilacap/Aan)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.