Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

Non Fisik TMMD Pemalang : Tumbuhkan Minat Baca di Perpustakaan Desa

Loading...

Pemalang – Selain membawa buku-buku pintar perpustakaan keliling, Dinas Perpusarda Kabupaten Pemalang juga memberikan motivasi untuk menumbuhkan minat baca masyarakat Desa Jatiroyom Kecamatan Bodeh melalui kegiatan sosialisasi. Kamis (21/3/2019).

Nara sumber, Puji Suci Andewi, S.Pd dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusarda) menyampaikan bahwa, perpustakaan desa/kelurahan diciptakan untuk menarik minat baca dan semangat belajar bagi masyarakat, terutama bagi yang putus sekolah sehingga termotivasi kembali untuk melanjutkan jenjang pendidikannya atau untuk terus belajar menggali ilmu dan informasi melalui buku-buku sesuai bidang yang diminatinya.

“Semakin banyak berdiri perpustakaan desa, maka akan semakin besar kemungkinan masyarakat dilayani atau berarti semakin merata pula layanan perpustakaan. Jika hal itu tercapai, maka tujuan penyelenggaraan perpustakaan desa sebagai sarana memperbaiki tingkat SDM masyarakat bisa terwujud,” harapnya.

Diakhir acara, Puji Suci Andewi merespon permintaan dari salah satu warga, Adli (21) RT. 09 RW. 03 Dusun/Desa Jatiroyom yang merupakan putra Eko Priyono, guru SDN 01 Jatiroyom, tentang pengadaan taman baca di Jatiroyom. Aspirasi masyarakat akan diteruskan kepada Kepala Dinas dan Bupati Pemalang. Pasalnya orbitasi Desa Jatiroyom sejauh 35 kilometer 60 menit ke Perpustakaan Kabupaten.

“Pemerintah Desa Jatiroyom segera mengajukan proposal ulang sehingga diharapkan mendapatkan bantuan secepatnya dari Pemkab baik sarana pendukung tempat baca maupun buku-bukunya,” ucapnya. (Aan Pendim Pemalang).

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.