Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

Muspika Umbulsari Dirikan Tiga Belas Posko, Jaga Ketat Setiap Pintu Masuk

Loading...

Jember, Jawa Timur – Mencegah meluasnya penyebaran Virus Covid-19 dan aksi kejahatan akibat penerapan Sosial Distancing, Muspika Umbulsari Kabupaten Jember mengambil langkah tegas.Siapa saja yang masuk wilayah Kecamatan Umbulsari harus bersedia diperiksa di posko pemeriksaan dan wajib memakai masker.Senin (20/4/2020).

Jika diketahui ada pemudik baru datang dari zona merah maupun luar negeri, Satgas Covid-19 langsung mengirimnya ke tempat isolasi di Jember Sport Garden (JSG) untuk karantina selama 14 hari.Apalagi yang suhu badan diatas 38 derajat celsius, pasti tiada ampun lagi baginya.

Keseriusan Muspika dan Satgas Covid-19 Kecamatan Umbulsari sangat terasa, seiring didirikannya beberapa posko pemeriksaan Covid-19 disetiap lokasi pintu masuk wilayah Umbulsari.Tidak tanggung-tanggung, jumlahnya pun ada 13 posko.Setiap posko, beberapa personel petugas gabungan dari Muspika,Pemerintah Desa, Tim Kesehatan dan relawan telah siap siaga selama 24 jam.

Petugas gabungan ini, memeriksa setiap pengguna jalan yang hendak masuk wilayah Umbulsari,diwajibkan memakai masker.Petugas ini yang diutamakan menyasar para pemudik yang baru datang dari zona merah maupun dari luar negeri dan juga bagi orang asing yang tidak jelas identitas dan tujuanya,

Menurut Danramil 0824/19 Umbulsari Kapten Infanteri Abdul Azis, pendirian sejumlah posko dipintu masuk perbatasan selain bertujuan untuk memutus tali rantai penyebaran Covid-19, juga untuk mengantisipasi tindak kriminal yang kemungkinan bisa saja terjadi, akibat kebijakan pemerintah dalam upaya menangkal amukan virus yang kini telah menjadi pandemi dunia ini.
“Selain itu untuk mengantisipasi maraknya angka kriminal akibat Wabah covid-19, seperti pencurian, begal dan lain-lain.Jadi twin one, satu kegiatan mencakup dua solusi,yaitu kesehatan dan keamanan,” tutur Azis.
Lebih jauh Azis menjelaskan, ke 13 titik lokasi posko ini yakni meliputi, wilayah utara tepatnya di jalan pintu masuk Desa Paleran, wilayah barat di jalan masuk Desa Umbulrejo dan Mundurejo.Sedangkan wilayah selatan di jalan masuk Desa Tanjungsari dan Gunungsari, wilayah timur ada di jalan masuk Desa Tegalwangi.
“Walaupun Umbulsari belum zona merah, kami dirikan posko ini untuk memperketat jalur masuk wilayah umbulsari, karena selain mencegah penyebaran virus corona, dengan adanya wabah ini sangat riskan dengan perekonomian dan keamanan juga, ” katanya.
Menurutnya posko ini juga untuk filter, apabila ada pemudik yang lolos pemeriksaan di 5 posko utama tingkat kabupaten, diharapkan di posko ini mereka tidak akan lepas dari pemeriksaan.
“Muspika Umbulsari dengan kepala desa tidak main-main dalam persoalan penanganan covid-19, dan semua pihak betul-betul ingin memutus mata rantai penyebaranya.Sehingga wilayah Jember khususnya Kecamatan Umbulsari nantinya akan terbebas dari covid-19,” lanjut Azis.
Siapapun yang masuk ke wilayah umbulsari wajib diperiksa.Apabila pengendara ditemukan tidak memakai masker, maka petugas akan memberikan masker secara cuma-cuma, dan jika pemudik dari zona merah dan luar negeri saat diperiksa suhu badan mencapai 38 keatas, maka yang bersangkutan langsung dikirim ke JSG hari itu juga.

“Dalam hal ini kita tidak bisa main tawar menawar lagi.Jika mereka menolak anjuran kami,disarankan untuk balik kanan saja, ” tegas Azis.

Untuk keamanan, katanya, apabila ada orang dari luar yang berniat berbuat jahat itu sudah terpantau didepan. Jika di posko ini mereka lepas, maka akan di pantau oleh petugas pemerintah desa masing-masing. Sehingga petugas posko pemeriksaan dipintu masuk dan petugas desa akan saling memantau

“Pihak Desa sudah menyiapkan Poskamling yang mulai hari ini di aktifkan kembali, ” terangnya. (Thr)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.