Musdes BLT DD Desa Padang Binjai Kecamatan Tetap, Kaur Memanas dan Nyaris Ricuh

Kaur – Musyawarah Desa Khusus tentang penetapan penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa di Desa Padang Binjai Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu nyaris ricuh, Selasa (9/6/2020).

Diperoleh informasi dari salah satu warga Desa Padang Binjai yang tidak mau disebutkan namanya memaparkan, bahwasanya warga Desa Padang Binjai mayoritas kecewa dengan kebijakan yang diambil oleh pihak Pemerintah Desa.

“Kami warga desa ini kecewa dengan kebijakan yang diambil oleh pihak pemerintah desa, warga merasa banyak hal yang disembunyikan, kurang transparansi, sebagai contohnya segala sesuatu yang berhubungan dengan bantuan Covid-19 melalui Dana Desa.” 

Diketahui sebagian besar warga tidak menerima hasil verifikasi data calon penerima BLT DD itu, selain itu kami warga tidak ada mendengar adanya didirikan posko Covid-19 di desa kami, tidak sebatas itu saja seperti pembagian masker yang sudah dianggarkan pada Dana Desa pun kami tak pernah menerima, lebih anehnya lagi Tim Relawan Desa yang katanya melakukan pendataan door to door itu tidak benar”. Kata salah satu Warga Desa Padang Binjai kepada wartawan mencurahkan kekecewaannya, Rabu (10/6/2020).

Terpisah, Kapolres Kaur, AKBP Puji Prayitno, SIK, MH, melalui Kapolsek Kaur Selatan, Iptu Surya R Purnama, MH membenarkan permasalahan BLT DD yang ada di Desa Padang Binjai Kecamatan Tetap.

“Ya memang benar kemarin (9/6/2020) memang ada permasalahan yang terjadi antara warga dan pemerintah desa setempat, hal ini disebabkan warga kecewa dengan hasil verifikasi data calon penerima BLT DD sebanyak 40 Kepala Keluarga (KK). Diperoleh informasi sebelumnya data yang diperoleh oleh pemerintah desa itu sejumlah 90 KK, setelah itu diverifikasi lagi oleh pemdes, dan hasilnya ialah 40 KK”. Kata Kapolsek Kaur Selatan saat dihubungi melalui telepon sellulernya, Rabu (10/6/2020).

Tambah Kapolsek lagi, karena kondisi musyawarah desa kemarin sudah memanas dan tidak kondusif lagi, maka musyawarah desa dibatalkan oleh pihak pemerintah desa, dan dalam waktu dekat ini pihak pemdes akan melakukan rapat dan pendataan ulang, untuk mencari solusi yang terbaik.

Sampai berita ini diturunkan, Pjs Kades Padang Binjai belum bisa dihubungi oleh awak media, untuk dimintai keterangan terkait permasalahan yang beredar di masyarakat Desa Padang Binjai.

Pada Musyawarah Desa BLT DD tersebut dihadiri oleh Pjs Kades Padang Binjai, Minawan, Bhabinkamtibmas dari Polsek Kaur Selatan, Babinsa dari Koramil Kaur Selatan, dan beberapa tokoh masyarakat desa setempat bersama warga. (Ynd)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.