Monitoring Posko PPKM Mikro di Kelurahan Turi, Ini Harapan Walikota Blitar

KOTA BLITAR, NUSANTARATERKINI.com – Walikota Blitar Drs. H. Santoso, M.Pd bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Blitar melaksanakan kegiatan monitoring posko PPKM Mikro tingkat RW di RT. 02 RW. 03 Kelurahan Turi Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, Selasa (16/03/2021).

“Posko-posko PPKM di Kota Blitar setelah kita monitor rata-rata pelaksanaannya baik, artinya masing-masing Posko bisa menjalankan fungsi dan perannya, serta bisa menekan perkembangan confirm covid-19 dimasing-masing RT,” kata Santoso disela-sela kegiatannya.

Ia mencontohkan, seperti di posko di Tanjungsari, sudah berada pada titik zero, bahkan tingkat kegotongroyongan, kekompakan dan solidaritasnya ketika ada warga yang terkena covid, timbul kemandirian dan kegotongroyongan.

“Harapannya, kemandirian dan kegotongroyongan itu bisa dikembangkan diwilayah yang lain,” ucapnya.

Diakuinya, secara menyeluruh di tingkat Kota Blitar juga mengalami penurunan yang signifikan. Hal itu bisa dilihat dari jumlah pasien yang tertangani, masyarakat yang isolasi di rumah sakit yang disiapkan mengalami penurunan yang luar biasa.

Menurutnya, hal itu menandakan pemberlakuan PPKM Mikro sampai pada gelombang ketiga sampai diperpanjang sampai 22 Maret adalah sukses.

Ditambahkannya, maksud dibentuknya PPKM Mikro adalah, bagaimana tanggung jawab menangani warga masyarakat tidak semata-mata mengandalkan dari pemerintah daerah, tapi bagaimana keterlibatan dari warga masyarakat di tingkat RT/RW bisa secara langsung bahu-membahu menangani Covid-19.

“Setelah kita evaluasi, rata-rata cukup bagus dan cukup menekan perkembangan covid, masyarakat juga sangat antusias serta tingkat kegotongroyongan muncul,” kata Santoso.

Terakhir, Santoso juga berharap kepada masyarakat juga sadar, seperti kebiasaan untuk mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan tidak keluar rumah kalau tidak ada kepentingan, diharapkan untuk dilakukan. Disamping itu kita harus mengikuti upaya pemerintah sampai dengan tataran vaksinasi.

“Jangan takut divaksin, karena vaksin untuk menambah daya imun kepada seluruh masyarakat,” pungkasnya. (Hms/Adv)

 

 

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.