Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Minat Baca Masyarakat Bengkulu Utara di Perpustakaan Meningkat

Loading...

Bengkulu Utara- Sejak tahun 2018 hingga tahun 2019 Minat baca Masyarakat Bengkulu Utara di Perpustakaan meningkat cukup baik. Hal ini bisa dilihat dari jumlah pengunjung di tahun 2018 yang berjumlah 21.639 pengunjung dari target sebanyak 11.100 orang. Sedangkan Pada tahun 2019 jumlah minat baca sebanyak 49.646 orang pengunjung dari target 11.400 orang.

Kelala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bengkulu Utara, Nirwan Tomeri, S.H mengatakan , perningakatan minat baca ini terjadi berkat beberapa upaya yang pihak lnya lakukan, dimana selain melakukan pelayanan di perpustakaan, pihaknya juga melakukan layanan perpustakaan keliling di 12 lokasi dalam Kabupaten Bengkulu Utara yakni di SDN 066 Bengkulu Utara, SDN 102 Bengkulu Utara, SMPN 017 Enggano, SMAN 06 Enggano, Kantor Camat Enggano, SD IT Semarak, Desa Jago Bayo, SDN 012 Bengkulu Utara, SDN 159 Bengkulu Utara, SDN 016 Bengkulu Utara, Desa Marga Sakti dan SMKN 04 Bengkulu Utara.

Selain itu juga di dukung oleh Jumlah pengunjung di 10 perpustakaan desa binaan yaitu, Perpustakaan Desa Tanjung Anom, Perpustakaan Desa Giri Mulya, Perpustakaan Desa Tanah Hitam, Perpustakaan Desa Pasar Kerkap, Perpustakaan Desa Jago Bayo, Perpustakaan Desa Sumber Agung, Perpustakaan Desa Sumber Rejo, Perpustakaan Desa Marga Sakti, Perpustakaan Desa Tanjung Harapan dan Perpustakaan Desa Tambak Rejo.

“Ya banyak lah langkah-langkah yang kami upayakan untuk meningkatkan minta baca ini, sesuai dengan, Selogan buku adalah jendela dunia, kami juga berupaya semaksimal mungkin agar masyarakat dan terkhusus anak-anak yang ada di desa-desa juga dapat mendapatkan buku bacaan gratis, kami buat perpustakaan desa binaan” jelasnya.

Selain itu, Perpustakaan keliling (Pusling) juga menjadi langkah jemput bola minat baca, karena Pusling ini berjalan ke Desa- desa serta sekolah- sekolah. Adanya Perpustakaan keliling (Pusling) ini merupakan upaya perpustakaan untuk mempermudah akses Minat Baca pada Pelajar atau Mahasiswa terhadap buku yang ingin dibaca.

” Kami juga Melakukan pembaharuan Buku yang lama ke buku yang baru dengan jalan pengadaan dan perawatan bahan pustaka setiap tahunnya, sehingga masyarakat dapat membaca buku-buku yang update-update” lanjutnya.

Nirwan Tomeri menambahkan, kedepan pihaknya akan terus meningkatkan sarana dan prasara perpustakaan, baik itu yang ada di perpustakan Bengkulu Utara, Puskeling, serta perpustakan desa, agara minat baca di bengkulu Utara terus meningkat. (ADV)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.