Metode Terapi Psikososial di RSKJ Soeprapto

Bengkulu,Nusantaraterkini.com – RSKJ Soeprapto Bengkulu dalam memberikan pengobatan pada pasien disabilitas jiwa bersifat komprehensif.

Sebelum pasien yang dianggap telah sembuh dan selesai menjalani pemulihan, dikembalikan kekeluarga dan bersoaialiasi di masyarakat. Pasien juga akan mendapat Rehabilitasi Psikososial
yang berguna membantu pemulihan dan peningkatan kesehatan mental pasien agar kualitas hidup dan kemandirian pasien dapat ditingkatkan

Untuk alur penerimaan pasien yang akan direhabilitasi, mula-mula dilakukan asessmen atau pemeriksaan oleh psikolog, dilanjutkan pemeriksaan oleh psikiater atau dokter spesialis kejiwaan untuk menentukan kognitif, contohnya jika pasien mendapatkan rekomendasi peternakan maka akan didorong ikut kegiatan peternakan yang berada di lingkup RSKJ.

Selanjutnya pasien dan dokter umum melakuka pemeriksaan fisik dan kesanggupan dalam mengikuti program rehabilitasi psikososial.

Latihan dan terapi diberikan sesuai hasil seleksi yang dilakukan oleh tim seleksi, dan diberikan dengan kurikulum yang terstruktur.

Latihan yang diberikan nantinya terdiri dari beberapa program pokok yang terbagi 2 (dua) yaitu:

1.Terapi kerja

Keterampilan, pertukangan, pertanian, peternakan.

2.Terapi non kerja

Olahraga, terapi musik, permainan, bimbingan kerohanian, Terapi Aktivitas Kelompok (TAK) dan rekreasi.

Deep Rileks dengan Musik Terapi - Nakamura Healing Touch
Terapi Aktivitas Kelompok (TAK) merupakan program terapi andalan dari Rehabilitasi Psikososial RSKJ yang melibatkan berbagai elemen baik dari unsur karyawan RSKJ maupun pasien, seperti melakukan permainan-permainan yang menyenangkan yang bisa membuat pasien merasa rileks dan melupakan sejenak masalah hidup yang dihadapi.

Pasien yang telah mengikuti rehabilitasi jiwa selama 7 sampai 14 hari akan di observasi kesehatan jiwa dan mentalnya apakah sudah signifikan pulih, jika belum sepenuhnya maka akan ditambah 7 hari lagi hingga maksimal total masa rehabilitasi menjadi 21 hari.

Selanjutnya akan dilakukan assesmen oleh perawat dan dokter yang menangani pasien apakah telah layak untuk dikembalikan kepada keluargnya dan masyarakat.(Adv)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.