Terbit : 5 Agustus, 2019 - Jam : 06:01

Meriah, Satgas TMMD Tegal Hadirkan Lomba Balap Bakiak Pertajam Nasionalisme

Loading...

Tegal – Perlombaan balap bakiak juga dimainkan dalam menyambut Hari Kemerdekaan RI Ke-74 tahun 2019, di Lapangan Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, selain adu kuat tarik tambang. Minggu (4/8/2019).

Dibenarkan Babinsa setempat dari Koramil 05 Suradadi Kodim 0712 Tegal, Serda Mursidi bahwa, selain untuk memeriahkan HUT RI, cara juga untuk memberikan hiburan kepada masyarakat di lokasi TMMD Reguler 105 Tegal tersebut.

“Selama berlangsungnya permainan tradisional ketangkasan ini, masyarakat dihibur oleh musik dangdut dari para artis Bintang Pantura Indosiar dengan diselingi pengundian doorprize,” jelasnya.

Dikatakannya juga, perlombaan yang memicu adrenalin ini, para peserta bebas atau berasal dari umum. Diselenggarakan juga sebagai aktualisasi luapan kebahagiaan masyarakat dalam menyambut kemerdekaan, dengan dikombinasikan dengan bakti TNI pengobatan gratis dan senam zumba massal. Kesemuanya merupakan kerjasama Kodim dengan PT. Sido Muncul dan stasiun televisi Indosiar.

“Lomba balap bakiak, dalam satu papan panjang sengaja beranggotakan 4 orang. Selain agar meriah juga menguji ketangkasan, kepemimpinan dan kerja sama tim untuk beradu cepat sampai ke garis finish,” tambahnya.

Sekedar diketahui, bakiak/bangkiak/terompah panjang adalah permainan tradisional anak-anak di Sumatera Barat pada pertengahan tahun 1970-an, terinspirasi dari Geisha-geisha Jepang yang sudah memakai sandal dari telapak kayu. Semoga tulisan ini dapat membawa manfaat dan membuka cakrawala pembaca sehingga menajamkan lagi rasa nasionalisme dengan lebih mencintai budaya bangsa. (Aan/Red)

Loading...
Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.