Menhan RI Minta Seluruh Rektor Berikan Bimbingan Bela Negara Kepada Mahasiswa

NusantaraTerkini.Com, JayaPura – Sebagai bentuk pencegahan dan penangkalan paham terorisme, Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Jend TNI Purn Ryamizard Ryacudu (Menhan RI) mengatakan akan berkomunikasi bersama semua rektor di universitas untuk memberikan bimbingan bela negara kepada mahasiswa.

Hal itu diungkapkan dalam arahannya kepada Perwira TNI POLRI Wilayah Papua/Papua Barat di Aula Toni Rompis Makodam XVII/Cenderawasih, Jayapura Papua, Kamis (24/5/18).

“Teroris atau paham radikalisme merupakan kelompok yang tidak bertanggung jawab dengan mengatasnamakan agama, ini dapat memecah belah kerukunan dan persatuan antar agama di negara kita, kita tidak boleh terpengaruh dengan masalah tersebut,” jelas Ryamizard saat tatap muka tersebut.

Menurutnya, melawan teroris bukan hanya tugas TNI/Polri, melainkan juga seluruh elemen masyarakat termasuk mahasiswa dan pelajar.

Kemenhan juga telah menjalin kerja sama dengan Kementerian Pendidikan, ormas Islam Nahdlatul Ulama dan Muhmammadiyah untuk teknis pelaksanaan bela negara di berbagai satuan pendidikan.

Selain itu, Menhan meminta TNI Polri dapat menjaga kerukunan antar umat beragama khususnya di Papua, “karena itu merupakan kunci dari perekat persatuan dan kesatuan bangsa,” ujarnya lagi.

Selain menyebutkan teroris sebagai ancaman nyata, Menhan menyebutkan masalah perbatasan juga harus diperhatikan karena masuknya teroris, narkoba hingga perdagangan manusia bisa jadi melalui daerah perbatasan.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI George E.Supit, Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar ,M.H, Sekda Provinsi Papua, T.EA Herry Dosinaen S.Ip M.Kp dan beberapa pejabat lainnya. (FaisalNarwawan)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.