Mengenal 5 Oleh-oleh Khas Bengkulu Yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Bengkulu – Berkunjung ke suatu daerah atau menetap sementara rasanya wajib sekali ada yang harus dibawa saat pulang. Mengapa wajib? Travelling atau berwisata ke suatu tempat tidak akan lengkap jika tidak membawa buah tangan atau oleh-oleh. Tentunya banyak yang menunggu kepulangan kita yang tengah melakukan perjalanan. Biasanya bukan hanya menunggu kepulangan saja, teman-teman atau orang yang menunggu juga mengharapkan sesuatu yang kamu bawa, yaitu oleh-oleh.

Begitu pula ketika berlibur ke Bengkulu. Bengkulu kaya akan wisata, budaya, serta kulinernya. Bagi kamu yang punya rencana liburan ke Bengkulu, kamu harus tahu dulu apa saja oleh-oleh khas Bengkulu yang harus kamu bawa pulang. Bagi sebagian wisatawan yang sudah pernah atau sering ke Bengkulu, sudah tahu dimana pusat oleh-oleh khas Bengkulu serta apa saja oleh-olehnya.

Oleh-oleh khas Bengkulu tidak hanya makanan atau kuliner, pernak-pernik seperti tas, kain, maupun benda lainnya juga bisa kamu beli di pusat oleh-oleh. Lokasi paling banyak bertempat di daerah Anggut. Sebenarnya ada banyak lokasi oleh-oleh tersebar di Kota Bengkulu, namun Anggut adalah tempat paling pas. Lokasinya cukup strategis karena berada di pusat kota. Buat kamu yang berkunjung, jangan khawatir, ada banyak sarana transportasi yang akan mengantarkan kamu kesana.

Di pusat oleh-oleh ini akan ada banyak toko yang menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas Bengkulu. Toko ataupun kios ini berjejer hampir di sepanjang jalan Anggut. Setiap toko menyediakan berbagai macam makanan, minuman, maupun aksesoris lainnya yang tentunya dibuat sendiri oleh masyarakat Bengkulu.

Cicipi Bay Tart, Kue Legend Bengkulu

Bay Tart

Bay Tart adalah kue khas Bengkulu. Dulunya kue ini merupakan makanan bagi para raja. Tidak melupakan sejarah, hampir setiap masyarakat asli Bengkulu bisa membuat kue tart ini. Rasanya yang lembut dan manis cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Apalagi dimakan bersamaan dengan teh hangat, semakin nikmat dan lezat.

Lempuk Durian

Lempuk Durian

Buat kamu pecinta durian, tidak kalah lezatnya dari kue bay tart, lempuk durian sudah pasti jadi ciri khas orang Sumatera. Dengan wangi durian yang khas serta rasa yang legit bercampur jadi satu. Dengan harga yang cukup murah, kamu bisa membawa pulang oleh-oleh yang satu ini.

Manisan Terong, Unik dan Enak

Manisan Terong

Kamu pernah nyobain manisan buah? Sudah biasa. Manisan terong cocok buat kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh unik dan enak. Kalau biasanya terong dijadikan sebagai lauk makan, masyarakat Bengkulu mengolahnya dengan kreatif menjadi manisan. Sebagian orang yang sudah pernah mencicipi manisa terong ini, rasanya tidak seperti terong melainkan seperti kurma. Manis, unik, dan enak tentunya.

Tidak hanya terong yang diolah menjadi manisan, ada juga berbagai macam pengolahan manisan dari sayuran lainnya seperti manisan labu siam, rumput laut, dan lain-lain.

Aksesoris Handmade

Aksesoris Hand Made

Buat kamu pecinta fashion dan aksesoris, barang ini wajib kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Kerajinan tangan yang dibuat sendiri oleh masyarakat Bengkulu menjadikannya barang yang pas sebagai ciri khas Bengkulu yang bisa kamu berikan kepada temanmu yang menunggumu pulang.

Berbagai macam kerajinan tangan seperti anyaman bambu dan kulit pohon yang dijadikan gantungan kunci, dompet, tas, jam dinding, maupun ikonik Bengkulu lainnya. Oleh-oleh khas daerah tak terlepas dengan nama daerah tersebut. Kamu juga bisa membeli baju kaos bertuliskan Bengkulu maupun lukisan-lukisan bunga raflesia yang merupakan Ikon Bengkulu.

Masalah harga juga bervariasi tergantung ukuran dan tingkat kesulitan pembuatannya. Tapi tenang saja, harga tetap terjangkau buat kamu wisatawan yang akan membawa pulang banyak oleh-oleh khas Bengkulu.

Kain Batik Besurek

Kain Batik Basurek

Tidak lengkap tanpa ciri khas Indonesia, yaitu batik. Bengkulu juga punya batik tersendiri, yaitu Batik besurek. Corak batik ini terkesan unik, kamu akan bisa langsung mengenali batik dari Bengkulu ini. Ciri khasnya yaitu terdapat tulisan atau huruf arab gundul dengan motif ikonik seperti flora dan fauna khas Bengkulu. ciri khas tersebut menjadi kebangaan sekaligus aset budaya bagi Bengkulu.

Kain yang dijual di pusat oleh-oleh ini menyediakan berbagai macam motif dan warna. Kamu bisa membelinya per meter untuk kemudian dijadikan baju maupun fashion lainnya dengan harga yang sangat terjangkau.

Berbagai macam oleh-oleh yang tersedia di Bengkulu memiliki kualitas yang bagus karena merupakan buatan asli Bengkulu. Tentunya dengan harga yang murah dan terjangkau. Wisatawan bisa berlibur dan menyempatkan diri membeli oleh-oleh khas Bengkulu untuk dibawa pulang.(red/adv)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.