Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Meminimalisir Covid -19, Kecamatan Batuceper Gelar Oprasi Yustisi dan Aman Bersama

Loading...

TANGERANG, NUSANTARA TERKINi Com – Kecamatan Batuceper menggelar Oprasi Yustisi untuk memaksimalkan penerapan protokol kesehatan COVID-19 guna meminimalisir penyebaran virus corona atau COVID-19

“Optimalisasi Operasi yustisi adalah penerapan protokol kesehatan COVID-19 menyasar di sejumlah tempat yang banyak dikunjungi warga, seperti di warung – warung kopi, kafe, rumah makan, Pasar tradisional, tempat usaha dan sejumlah tempat umum lainnya,” kata Camat Batuceper Rahmat Hendriwijaya, usai mengikuti kegiatan Yustisi di Kawasan Batuceper Kota Tangerang senin (21/9/20)

“Masyarakat yang tidak memakai masker, di tempat kerja, pusat perbelanjaan, rumah makan maupun tempat usaha jika melanggar akan ditindak,”tegas rahmat

ia menjelaskan, Operasi Yustisi dilakukan secara terpadu melibatkan TNI , Polri dan Pemda dimana personel mulai dari Tramtib , Linmas seluruh kelurahan di lingkungan Kecamatan Batuceper.

“Selama operasi baik yang dilakukan pada siang dan malam hari, masih di temukan sejumlah warga yang kurang disiplin menerapkan protokol kesehatan terutama tidak memakai masker saat berada di tempat umum,” katanya.

Menurut Rahmat, Kami tidak hanya memberikan sanksi sosial bagi pelanggar, namun juga menekankan kepada beberapa tempat usaha untuk menyediakan sarana cuci tangan, mengatur jarak dan menerapkan wajib memakai masker,” jelasnya.

“Tercatat selama operasi Yustisi, puluhan orang mendapat sanksi sosial, seperti menyapu jalan, menyanyikan lagu nasional maupun sanksi sosial ringan lainnya.

Rahmat menegaskan, Sanksi sosial pelanggaran protokol kesehatan sudah diatur dalam peraturan walikota tangerang No 78.tahun 2020,
Perwal tersebut sudah disosialisasikan di masyarakat bersamaan dengan kegiatan operasi Aman Bersama dan Oprasi Yustisi,” jelasnya.

“Untuk Operasi Aman Bersama dilaksanakan setiap hari Senin dan Jum,”at dan untuk Operasi Yustisi bersama 3 (tiga) Pilar dilaksanakan setiap hari lokasinya ditempat – tempat warga berkerumun dan berpindah – Pindah, Pungkas nya.

Sementara Kapolsek Batu Ceper Kompol Wahyudi, kegiatan operasi yustisi bersama, tim gabungan TNI, Satpol PP dan pemerintah kecamatan Batuceper, dalam rangka pendisiplinan terhadap masyarakat kita fokuskan di tempat – tempat Usaha, pasilitas umum yang banyak warga berkerumun maupun di jalan raya tempat lalu lintas orang,” ujar Kapolsek.

Lanjut dia, pihaknya terus mengedukasi warga agar memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak atau menerapkan protokol kesehatan.

“Sanksi yang akan ditekankan kepada pelanggar yang tidak menjalankan protokol kesehatan akan dikenakan sanksi sosial atau pun denda, sesuai Peraturan walikota No 70.dan No 78 tahun 2020.”ditegaskan Wahyudi, Operasi yustisi ini bertujuan melindungi warga.,”Ucap kapolsek.

Jadi, kalau ada warga yang melanggar protokol kesehatan diberi sanksi, itu bukanlah hukuman namun lebih mengarah sebagai efek jera dan pengingat bagi pelanggar agar sadar pentingnya penerapan protokol kesehatan,” tutupnya. (Man)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.