Melirik Stand Bapeda Di Festival Bumi Raflesia

NusantaraTerkini.Com, Bengkulu – Program Strategis Nasional (PSN) dalam pembangunan jalan tol dan jalur kereta api (KA) di Provinsi Bengkulu oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah sudah mulai dilaksanakan.

Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Provinsi Bengkulu, Hengki Suprianto mengatakan bahwa pembangunan jalan tol dari Kota Bengkulu ke Lubuklinggau dan jalur kereta api dari Pulau Bai ke Muara Enim sudah mulai beroperasi. Hal ini dikatakannya saat ditemui di stand pameran Bappeda di Festival Bumi Rafflesia Bengkulu pada Jum’at malam (20/7/18).

“PSN kan ada dua proyek besar yaitu masalah jalur kereta api dari Pulau Bai ke Muara Enim tetapi sebelum ke Muara Enim ke Padang dulu dan jalan tol mulai dari kota sampai ke Lubuklinggau. Kemarin sudah dilakukan titik-titiknya, trase- trase untuk tiang penyanggah,” jelas Hengki.

Untuk pembangunan dua PSN tersebut juga melalui pemilihan lokasi yang selektif pasalnya pembangunan tidak akan dilakukan dekat dengan hutan lindung.

“Kemarin sudah dikasih 3 alternatif, mungkin ada satu alternatif ini yang dipilih. Mana yang kira-kira mendekati hutan lindung tidak akan dipilih dan itu berkenaan dengan masyarakat,” jelasnya.

Sementara, untuk pembangunan yang membutuhkan lahan masyarakat maka akan dimintai persetujuan, tetapi sampai saat ini sudah banyak masyarakat yang merelakan lahannya untuk pembangunan ini.

“Misalkan lahan masyarakat. Tetapi banyak dari masyarakat sekarang sudah merelakan untuk pembangunan ini dan tentunya tol itu tidak langsung di sana pasti dibuka pintu tol ada yang ke Kepahiang, ada yang ke Curup,” tutupnya.(Nindri/adv)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.