Melihat Jalan Bagus Saat Pulang Mudik, Buruh Sujud Syukur di Makadam TMMD Tegal

Tegal – Hal ini dilakukan oleh Sahid (43) baju ungu dan Sudin (45) buruh proyek bangunan asal Dukuh Sigerung RT/RW. 01, Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, di jalan makadam hasil TMMD Reguler 105 Kodim 0712 Tegal yang telah diresmikan (8/8). Minggu sore (11/8/2019).

Mereka mengucap syukur kepada Tuhan, saat pulang dari bekerja di proyek bangunan di Kabupaten Banyumas karena melihat salah satu jalan desanya diperkeras dengan makadam sepanjang 2,3 kilometer dengan lebar 3 meter, serta pengaspalan jalan sepanjang 1,2 kilometer lebar 2,5-3 meter.

Akses ini telah menjadi sarana memangkas biaya produksi petani baik warga desanya maupun desa tetangga, Purwahamba.

Dijelaskan oleh Babinsa Jatimulya dari Koramil 05 Suradadi Kodim 0712 Tegal, bahwa jalan tersebut telah dikerjakan dalam program TMMD Reguler oleh TNI Satuan Penugasan (Satgas) bersama masyarakat setempat selama 30 hari.

Menurut Sahid, jalan tempatnya berdiri sangat sempurna. Itu karena sejak kecil jalan berbatu tak tersentuh pembangunan. Mungkin saat musim kering ini segalanya mudah, namun berbanding terbalik saat penghujan, para petani harus menyewa traktor penarik gerobak untuk mengangkut panen dalam jumlah banyak dengan biaya antara Rp. 500-750 ribu tergantung jarak.

“Terima kasih buat Ibu Bupati dan Pak Dandim Tegal,” ucapnya singkat, jelas namun padat muatan terima kasih.

Tampak juga Babinsa menguatkan mereka. Pasalnya, tanpa bantuan warga juga, sasaran program tersebut tidak akan semaksimal sekarang. Tentunya sambil menitip pesan agar dimaksimalkan dan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk akses pertanian, sehingga tidak harus merantau ke Purwokerto. Pun agar mereka ikut merawat hasil TMMD itu untuk generasi selanjutnya. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.