Melalui Musik, Anggota Satgas TMMD Tegal Motivasi Anak Lebih Berinteraksi

Tegal – Masih dalam nuansa Hari Anak Nasional, perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0 saat ini, telah mengubah pola kehidupan di dalam masyarakat, karena segala informasi di dunia ada dalam genggaman, yaitu dapat diakses hanya dengan menggunakan gadget/smartphone.

Bagi anak di usia belajar, android dapat membantu mencerdaskan namun juga membuat malas belajar karena terkontaminasi oleh game online. Dampaknya adalah berkurangnya interaksi sosial antar individu. Kebiasaan bersenda gurau dan bermain bersama akan semakin jarang terjadi karena masing-masing sibuk dan asyik dengan ponselnya. Pasalnya, mereka berkumpul tapi tak berkomunikasi, mereka bersama tapi asyik sendiri-sendiri, dan ini terjadi di semua usia.

Menyikapi hal ini, anggota Satgas TMMD Reguler 105 Kodim 0712 Tegal dari Yonif 407 Padmakusuma, Prada Chef Rendy Suryana, memberikan motivasi kepada murid-murid SDN Jatimulya 03 Dukuh Sigerung, Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, untuk lebih bersemangat lagi dalam memainkan alat musik.

“Saya merasa terpanggil untuk mengembalikan kehidupan sosial mereka melalui bermain. Karena cara ini akan menumbuhkan interaksi dan komunikasi antara satu dengan lainnya,” ucapnya, Rabu (24/7/2019).

Ditambahkannya, generasi muda memang harus tahu dan siap menerima teknologi namun tak boleh meninggalkan jati diri dan budaya bangsa.

Inilah salah satu kegiatan positif yang perlu dilakukan dalam memelihara budaya, membentuk karakter serta mengurangi kecanduan akan game online atau penggunaan medsos. Harapannya adalah, agar generasi muda bangsa lebih memiliki rasa cinta dan rasa memiliki budaya sendiri dan tidak mudah terpengaruh dengan asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. (Aan/Red)

Rekomendasi
Loading...

Ruangan komen telah ditutup.