Terbit : 11 Juli, 2019 - Jam : 13:24

Mau Nikmati Kue Cucur Seluma? Coba Datang ke Tempat Ini

Loading...

SELUMA – Bahasa Melayu, Kuih cucur. Kudapan tradisional, yang ada di Indonesia, Malaysia dan Thailand Selatan. Di Seluma namanya Kue cucur ringgit jadi teman yang lezat untuk menikmati secangkir kopi.

Di Desa Air Teras, Kabupaten Seluma, Kue Cucur Ringgit sangat familier sebagai makanan pencuci mulut yang sangat simpel cara membuatnya. Cucur Ringgit menjadi Oleh – oleh khas Kabupaten Seluma dengan rasanya manis dan berwarna cokelat.

Untuk mendapatkan sajian kue cucur ringgir, hanya membutuhkan bahan dari tepung beras dan gula aren yang diaduk rata, lalu digoreng. Cara menggoreng cucur menggunakan wajan kecil dan cekung agar didapatkan hasil kue yang melembung tebal di bagian tengah, seperti gunung dan tipis di sekelilingnya.

Kue yang pas dinikmati dengan segelas kopi atau teh hangat, banyak dijajakan di pinggir jalan Di Desa Air Teras. Tidak salah lagi kalau Desa Air Teras Di sebut kampung kuliner cucur ringgit.

Berkunjung ke kabupaten Seluma jangan lupa membeli kue cucur yang harganya sangat murah tetapi rasanya juga tidak kalah enak dengan kue-kue yang lainnya. Hanya saja kue ini kurang bertahan lama, karena kalau dingin rasanya agak keras dan berminyak. Kue cucur paling enak dinikmati saat hangat, masih terasa lembut dan empuk.

Kampung kuliner cucur ringgit ini menjadi tempat wisata kuliner bagi masyarakat yang ingin menikmati kue ini. Cucur ringgit sudah terkenal hingga ke luar daerah, juga dijajakan dalam bentuk masakan siap santap berbahan dasar gula merah. Usaha ini untuk mendorong pergerakan ekonomi masyarakat desa tersebut. (budi)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.