Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Masyarakat Petahunan Banyumas Mulai Mandiri Mengecor Jalan TMMD

Banyumas – Memasuki paruh pelaksanaan TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, masyarakat setempat yang sangat antusias terlibat dalam pengecoran jalan 1,8 kilometer lebar 3,75 meter, mereka mulai lihai mengecor jalan.

Tidak terasa, sudah dua pekan mereka membantu Satgas TMMD dan para tukang bangunan yang dipekerjakan maupun tukang bangunan setempat, di pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT), sekaligus jalan menuju Obyek Wisata Curug Nangga di desanya.

Sejumlah warga sudah sering melanjutkan pengecoran jalan secara sendiri, mulai dari membuat adukan hingga meratakannya menjadi jalan beton setebal 20 centimeter.

Dibenarkan Serka Eko Budi Wiyono, Babinsa setempat dari Koramil 15 Pekuncen, Kodim Banyumas, bahwa warga desa binaannya itu mulai mandiri dan cekatan dalam pengerjaan jalan, termasuk mengoperasionalkan mesin molen.

“Meskipun para warga mulai mahir membangun jalan cor, bukan berarti mereka dilepas begitu saja. Tetap dipantau dan diarahkan oleh Tim Teknis Satgas TMMD dari kesatuan Denzibang 1/IV Purwokerto dan Yon Zipur 4 Kompi A Slawi, Kabupaten Tegal,” ungkapnya.

Menurutnya, itu semua demi untuk menjaga kualitas bangunan sehingga nantinya dapat dimanfaatkan untuk mendongkrak perekonomian masyarakat dari sektor pertanian dan pariwisata. (Ags/Aan)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.