Masyarakat Minta Kepolisian dan Tim Saber Pungli Awasi Seleksi KIP

NusantaraTerkini.Com,  Ketua LSM Merah Putih, Yamin Ginting, meminta kepolisian dan tim Saber Pungli untuk mengawasi secara ketat proses seleksi Komisi Informasi Publik (KIP) yang saat ini berada diKomisi I DPRD Provinsi Bengkulu.

“Saat ini terdapat 15 nama yang diseleksi secara ketat oleh tim seleksi sebagai calon KIP Provinsi Bengkulu. 15 nama itu saat ini sedang ditentukan oleh komisi I DPRD provinsi untuk dipilih 5 nama komisioner dan ditetapkan Plt.gubernur,” kata Yamin, Rabu (25/4/2018).

15 nama itu terdiri dari banyak pihak yakni birokrat, profesional, jurnalis dan lain-lain. Ia berharap seleksi berlangsung jujur dan transparan.

“KIP sangat penting dalam upaya memberikan pelayanan informasi publik pada masyarakat dari pemerintah. Dibutuhkan orang yang kompeten dan kapabel. Dan dipilih berdasarkan proses yang jujur,” tambahnya.

Mengingat proses yang adil dan jujur sangat diperlukan, maka peran tim saber pungli dan kepolisian diharapkan optimal memantau proses seleksi.

Ia menyebut peluang untuk permainan kotor dalam proses seleksi KIP tentu saja terbuka oleh sebab itu, masyarakat umum dan juga kepolisian dapat mengawasi agar terpilih komisioner KIP yang berkualitas.

Yamin menegaskan pihaknya akan ikut memantau proses seleksi dan melaporkan bila ditemukan unsur yang melanggar hukum termasuk bila adanya indikasi suap.

Saat ini 15 nama calon KIP telah ada di komisi I DPRD dan masyarakat diminta untuk memberikan masukan pada 15 nama tersebut siapa yang layak menjadi komisioner KIP. (NNOO)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.