Mari Donor Darah dan Plasma Konvalesen Selamatkan Pasien Covid-19

Nusantaraterkini.com (Surabaya) – Plasma darah mantan penderita Covid-19 yang disebut Plasma Konvalesen sudah terbukti mampu menyelamatkan pasien Covid-19. Perkumpulan sosial Hwa Ind diketuai Merry Tanhart yang selama 9 tahun berturut-turut mengadakan aktivitas donor darah setiap 3 bulan dan selalu mendapat dukungan ketersediaan tempat oleh Grand City Mall tergerak untuk ikut membantu menyelamatkan para pasien Covid-19. Acara donor darah dan Plasma Konvalesen tersebut digelar hari Sabtu, 27 Februari 2021, mulai pukul 10.00-16.00 WIB, bertempat di Drop Off Exhibition Hall Gedung Convex Grand City Mall, Jalan Walikota Mustajab, Kota Surabaya. 

Dalam kegiatan donor darah dan Plasma Konvalesen tersebut, Hwa Ind menggandeng Rotary East Java area 5-6-7 yang diwakili President Club, dr. Theresia Novi, Sp.PK., sebagai Ketua Panitia dan disponsori Yayasan WINGS Peduli Kasih, serta Grand City Mall & Convex. Acara ini juga didukung Indonesia Sehat, ExCov Community, ORARI, Radio Suara Surabaya, She Radio, Halodoc, Reblood, Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya, PMI Sidoarjo, PMI Gresik, dan PMI Lamongan.

Untuk donor darah berlaku ketentuan yang sudah diketahui masyarakat luas. Para pendonor darah yang memenuhi syarat bisa langsung menyumbangkan darahnya di tempat acara. Sedangkan bagi pendonor Plasma Konvalesen harus lebih dulu skrining (deteksi dini pemeriksaan kesehatan) di tempat acara. Skrining diperlukan untuk memastikan calon pendonor Plasma Konvalesen adalah mantan pasien Covid-19 yang sudah sembuh. Berikut ini syarat yang harus dipenuhi calon pendonor darah Plasma Konvalesen adalah sebagai berikut :

– Membawa surat keterangan sembuh COVID-19 yang dibawa calon pendonor saat skrining

– Memiliki antibodi SARS-CoV-2

– Sehat, tidak sedang menstruasi, menyusui, dan hamil

– Tidak berusia lebih dari 59 tahun

– Berat badan > 47 kg

Skrining merupakan bagian terpenting yang menentukan kualitas Plasma Konvalesen yang akan didonorkan, termasuk memastikan bebas infeksi menular. Selain itu juga untuk memastikan tinggi rendahnya kandungan antibodi plasma yang akan didonorkan. Makin tinggi antibodi plasma yang akan didonorkan, maka semakin baik bagi kesembuhan penderita Covid-19.

Para penyintas Covid-19 bisa menyumbangkan Plasma Konvalesen setiap dua minggu sekali, hingga anti bodinya tidak lagi mencukupi. Padahal makin sering Plasma Konvalesen didonorkan, antibodi pendonor semakin lama bertahan di tubuh. Ini berarti semakin lama pula pendonor terlindung dari wabah mematikan itu.

Pengambilan Plasma Konvalesen akan dilakukan di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Surabaya, Sidorajo dan Gresik setelah lolos skrining. Mengingat pentingnya darah dan Plasma Konvalesen bagi keselamatan jiwa penderita _Covid-19_ yang sedang terbaring di Rumah Sakit (RS), maka pihak panitia dan para pendukung acara ini sangat mengharapkan kehadiran masyarakat sebanyak-banyaknya, tentunya tanpa mengabaikan ketentuan protokol kesehatan. Para pendonor darah dan calon pendonor Plasma Konvalesen yang lolos skrining mendapatkan paket sembako, bingkisan, dan jaket. (Fajar Yudha Wardhana)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.