Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Makna Dibalik Motivasi TNI Banyumas Kepada Anak Desa di Hari Anak Nasional

Loading...

Banyumas – Menjelang Hari Anak Nasional 23 Juli 2020, bagi TNI yang bertugas di TMMD Reguler 108 Banyumas, di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, waktu sore hari tidak dibiarkan begitu saja tanpa melakukan hal yang positif.

Tampak keceriaan antara Koptu Hasan, salah satu Babinsa Koramil 15 Pekuncen, Kodim 0701 Banyumas, dengan anak-anak Dukuh Semingkir RT. 03 RW. 01, di depan Masjid Baiturrahman. Rabu (22/7/2020).

Koptu Hasan menyampaikan, silaturahmi dengan segenap komponen masyarakat terus dilakukan demi memaksimalkan keterlibatan mereka membantu TNI menyelesaikan sasaran fisik utama TMMD, yaitu pengecoran jalan 1,8 kilometer lebar 3,75 meter.

Menurutnya, paling mudah merangkul hati masyarakat adalah dengan anak-anak mereka. Jadi, dengan kehadiran TNI satu bulan membangun desanya, maka diharapkan memberi warna baru pembentukan karakter anak yang berdisiplin dan cinta tanah. TNI juga harus menjadi sahabat bagi anak-anak desa yang mungkin selama ini jarang dan hampir tak pernah berinteraksi sedekat itu.

Pasalnya, anak-anak desa biasanya hanya mendapatkannya momen kedekatan dengan TNI saat adanya materi wawasan kebangsaan dan bela negara di sekolahan mereka, melalui Koramil setempat.

“Terbukti Komunikasi Sosial (Komsos) dengan segenap unsur masyarakat Petahunan, progres jalan beton yang dibangun menuju Obyek Wisata Curug Nangga itu tercapai panjang 1.670 meter sore ini, padahal sisa waktu TMMD masih satu pekan lagi,” ujarnya.

Ditambahkannya, upaya Kodim Banyumas untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk ikut dalam pembangunan terbukti sudah berhasil, seiring dengan pembangunan kepedulian, dan keikhlasan sebagai warga negara, yaitu membantu Pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat melalui pembangunan.

“Selama Hari Anak Nasional, dan juga terima kasih kepada antusias masyarakat Petahunan yang begitu luar biasa membantu tugas TNI mengecor jalan siang dan setiap malam sejak H+3 TMMD (2/7),” pungkasnya mengapresiasi. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.