Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Mahasiswa KKN Alternatif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto “Membantu Legalitas Usaha Kecil”

Loading...

PURBALINGGA- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif UMP Kelompok Purbalingga 1 yang beranggotakan Nia Fikri Mita Izati, Masri Oktafiani dan Ranti Pristianti dengan Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Hardiyanto Wibowo , S.E., M.Si, Ak, CA melakukan kegiatan KKN di Desa Karangbanjar Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga. KKN berlangsung selama 34 hari dihitung sejak tanggal 13 Juli 2020 sampai dengan 15 Agustus 2020. Dengan  program kerja  membantu pembuatan legalitas Usaha kecil khususnya UMKM Kue Satu dan Ampyang di Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga.

Desa Karangbanjar ini memang banyak pelaku-pelaku usaha yang dijalankan secara rumahan dan memiliki potensi untuk memajukan perekonomian Desa Karangbanjar itu sendiri. Tetapi karena kurangnya pengetahuan dan kesadaran tentang legalitas suatu usaha beberapa dari mereka belum membuat surat izin usaha IUMK.

“Oleh karena itu, salah satu dari program kerja KKN Purbalingga 1 adalah membantu mitra dalam melegalitaskan usahanya yaitu Mitra UMKM Kue Satu dan Ampyang milik Ibu Sairoh.” Ujar ketua Kelompok Purbalingga 1, Masri Oktafiani.

Kepala Dusun Karangsempu Sohirun, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat berguna untuk usaha UMKM mereka.

“Di Desa Karangbanjar sendiri banyak sekali usaha-usaha kecil yang belum terdaftar usahanya karena pembuatan izin usaha yang terbilang sulit dan kurangnya informasi tentang legalitas suatu usaha. Dengan adanya program kerja tersebut diharapkan dapat membantu para UMKM untuk melegalkan usahanya agar UMKM tersebut dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan mampu memasarkan produk tersebut diluar daerah Purbalingga.” Katanya

Pada hari Jumat tanggal 17 Juli 2020 KKN Kelompok Purbalingga 1 mendaftarkan UMKM Kue Satu dan Ampyang ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purbalingga. Lalu hari Senin tanggal 20 Juli 2020 saat melakukan pendampingan UMKM sekaligus penyerahan surat izin usaha IUMK yang telah jadi kepada UMKM Kue Satu dan Ampyang milik Ibu Sairoh.

“Saya selaku pemilik usaha Kue Satu dan Ampyang mengucapkan banyak terimakasih kepada mahasiswa KKN Purbalingga 1 yang telah membantu membuat surat izin usaha untuk usaha saya,” Ujar Ibu Sairoh.(red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.