Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Lolos Verfak, Faida-Vian Bakal Ambil Jalur Independen

Loading...

Jember- Rapat Pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember yang digelar di Hotel Aston pada Senin (20/7) memutuskan, bahwa Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Faida-Vian sudah memenuhi syarat dukungan untuk maju sebagai calon perseorangan. Senin (20/7).

Faida yang didampingi Mas Vian dan beberapa tim sukses usai menghadiri pleno penetapan Rekapitulasi hasil verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon perseorangan Pemilihan Bupati Jember, merasa bersyukur dengan keputusan KPU.

Sehingga dengan hasil tersebut, Bapaslon Faida-Vian bisa maju lewat jalur independen untuk mengikuti kontestasi Pilkada Jember yang rencananya digelar serentak di sejumlah daerah pada Desember mendatang.

“Alhamdulillah yaa akhirnya verifikasi faktual ini dapat terlaksana dan masing-masing pihak sudah menjalankan tugas sesuai dengan fungsinya dan hari ini sudah diputuskan jumlah dukungan untuk syarat paslon independen dinyatakan oleh KPU sudah sah memenuhi syarat,” ujar Faida usai menerima Berita Acara dari KPU kepada sejumlah media.

Faida mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah susah payah menjalankan tugasnya mulai dari awal hingga akhirnya verifikasi faktual memenuhi syarat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada KPU dan Bawaslu kepada tim pemenangan penegak hukum dan terutama kepada masyarakat, tim relawan Faida-Vian, para LO yang sudah bekerja keras sehingga syarat calon perseorangan memenuhi syarat, mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik untuk langkah selanjutnya,” ucapnya.

Kata Faida, tim pemenangan Faida-Vian memberikan catatan sendiri terhadap kejadian-kejadian khusus yang mencederai hak-hak warga negara sebagai calon pemilih. Namun, catatan tersebut diberikannya kepada tim Faida-Vian dan LO Faida-Vian untuk menindak lanjuti.

“Namun demikian, niat baik serta ikhtiar untuk mensukseskan Pilkada Jember yang sehat dan lancar dan sukses kami menerima keputusan hasil KPU tanpa keberatan,” ungkapnya.

Mengenai peluangnya untuk maju lewat jalur Parpol, Faida menyampaikan bahwa
sampai hari ini takdir mengambil keputusan jalan yang dilalui melalui jalur independen, “Kami syukuri dan kami imani ini sebagai suatu jalan yang diberikan oleh allah swt dalam berjuang di jalan allah swt. Insyaallah kami akan mendaftar lewat jalur independen,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Jember M. Syai’in kepada media mengatakan, agenda hari ini tunggal yakni rapat pleno terbuka hasil Verifikasi Faktual dukungan bakal calon perseorangan untuk pemilihan serentan Bupati dan Wakil Bupati Jember tahun 2020.

“Hari ini membacakan hasil rekapitulasi, kemaren dari 16 Juli PPK sudah melakukan verifikasi kemudian hari ini 20 Juli kita melakukan rekapitulasi di tingkat kabupaten, hasil yang memenuhi syarat 146 ribu sekian,” terang Syai’in.

Sementara itu, lanjut Syai’in, untuk syarat minimal 121.127. Sehingga, itu sudah memenuhi syarat. Artinya, terpenting syarat minimal dukungan sudah terpenuhi, “Selanjutnya kami menunggu untuk tanggal 4-5 September nanti akan ada pendaftaran untuk pasangan calon bupati, bisa jalur perseorangan maupun partai politik,” ungkapnya.

Berikut rincian dukungan Bacalon perseorangan Faida-Vian tiap-tiap Kecamatan se-kabupaten Jember.

Kecamatan Ajung 3.685 ribu, Ambulu 7.756 ribu, Arjasa 2.344 ribu, Balung 5.133 ribu, Bangsalsari 8.606 ribu, Gumukmas 318, Jelbuk 2.136 ribu, Jenggawah 4.994 ribu, Jombang 2.204 ribu.

Kecamatan Kalisat 7.871 ribu, Kaliwates 4.065 ribu, Kencong 2.139 ribu, Ledokombo 8.909 ribu, Mayang 1.889 ribu, Umbulsari 3.727 ribu, Pakusari 1.969 ribu, Panti 4.069 ribu, Patrang 4.308, Puger 8.413, Rambipuji 9.090 ribu, Semboro 3.909, Silo 10. 427 ribu, Sukorambi 2.077 ribu,

Kecamatan Sukowono 6.253 ribu, Sumberbaru 7.242 ribu, Sumberjambe 5.440 ribu, Sumbersari 5.440 ribu, Tanggul 3.805 ribu, Tempurejo 5.371 ribu, Mumbulsari 5.887 ribu, Wuluhan 4.983 ribu. (tahrir)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.