Lima Puluh Persen Penduduk Jember Usia Anak Sudah Miliki KIA

Jember- Jumlah penduduk usia anak-anak ( 0 sampai 17 tahun) di Kabupaten Jember, separuhnya tercatat telah memiliki Kartu Identitas Anak (KIA).Semula Dispendukcapil menargetkan capaian 20 persen, ternyata terlampaui hingga 49 persen. Minggu, (08/11).

Hal itu berkat pelayanan KIA di Dinas Kependudukan dan Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember yang dipermudah, baik anak usia 0-5 tahun dan 5-17 tahun, baik melalui permohonan  Online maupun Konvensional.

“Permohonan secara online bisa diakses melalui aplikasi Sistem Informasi Pelayanan (SIP), untuk Konvensional bisa langsung datang ke kantor Dispendukcapil Jalan Jawa, Sumbersari.” Ujar Kepala Dinas Kependuduk dan Catatan Sipil Jember Isnaini Dwi Susanti, Rabu (4/11/2020).

Dispendukcapi terus bersosialisasi dan memberi kemudahan, seperti setiap anak yang mengurus akta kelahiran otomatis dicetakan KIA. ” Bagi anak usia dibawah lima tahun yang sudah memiliki akta, langsung dicetak KIA dan dikirim lewat pendopo ekspres,” katanya.

KIA ini bukan sekedar mendata jumlah anak, juga untuk melindungi pemenuhan hak anak, menjamin akses sarana umum, hingga mencegah terjadinya perdagangan anak. “Juga dapat menjadi bukti identifikasi diri ketika mengalami peristiwa buruk.” terang Isnaini. (Tahrir)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.