Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

Lima Persen Lagi Talud TMMD Reguler Pekalongan di Dukuh Jlubang Selesai

Loading...

Pekalongan – Progres pembangunan talud sepanjang 450 meter tinggi 1 meter di Dukuh Jlubang, Desa Pantirejo, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, masih di angka 90 persen jelang penutupan TMMD Reguler 107 Kodim 0710 Pekalongan.

Sementara pekerjaan talud II sepanjang 350 meter tinggi 1 meter di Dukuh Pepedan-Sutosari, memasuki tahap akhir dengan koefisien 95 persen.

Bisa dimaklumi jika dibanding pembangunan talud I, pembangunan talud II agak terlambat penyelesaiannya. Selain panjangnya lebih 100 meter, lokasinya juga lebih sulit karena berada di samping saluran irigasi pertanian warga setempat.

“Sejak awal mengerjakan bangunan talud di Dukuh Jlubang, tukang harus mencebur ke air dengan kedalaman sekitar 40-50 centimeter. Selain itu saat memasang batu pondasinya, kita harus menambak separuh kali untuk mengalihkan arus air,” tutur Saelan (54), tukang baru setempat. Kamis (9/4/2020).

Namun berkat semangat dan kerja keras tanpa lelah dari Satgas TMMD Reguler dan warga masyarakat, menjelang berakhirnya pelaksanaan program (14/4), kendala tersebut dapat diatasi.

Untuk sisa pengaspalan jalan sepanjang 120 meter lebar 3 meter dari 400 meter yang sempat tertunda karena menunggu tembok penahan tanah berdiri, kini juga sudah dimulai.

Untuk itulah dirinya optimis, kedua sasaran pokok TMMD Reguler yaitu pengaspalan jalan sepanjang total 2,5 kilometer dan talud 800 meter, akan selesai sesuai target dan kualitas. (Rus/Aan)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.