Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

Lima Belas Kasus Covid-19 Di Jember, Enam Orang Tanpa Gejala

Loading...

Jember, Jatim – Menyandang status Orang Tanpa Gejala (OTG), seorang perawat di Klinik KF Jember justru dinyatakan positif tertular virus corona dengan konfirmasi kasus ke 15. Senin (11/5).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Gatot Triyono menyebutkan, adanya tambahan satu lagi konfirmasi positif korona di Jember, semakin menambah daftar kasus positif korona di Jember yang berasal dari OTG.

“Dari 15 kasus orang konfirmasi positif covid-19 di Jember, saat ini ada 6 orang pasien yang berasal dari OTG,” kata Gatot.

Dengan ditemukanya 6 OTG kali ini, Gatot menyebut, selalu memiliki riwayat pernah kontak maupun hubungan dengan pasien positif sebelumnya. Seperti
yang terjadi pada seorang perawat tersebut di atas.

“Merupakan kontak erat dengan kasus di Bondowoso kasus ke 4 (AM),” ujar Gatot.

Lebih jauh Gatot mengungkapkan, selain itu yang terkonfirmasi positif dengan status OTG, yakni konfirmasi kasus 7 seorang mahasiswa, Ia dimungkinkan tertular dari konfirmasi kasus 2, sebab diketahui sebagai ayah kandung dari pasien kasus 7.

Selanjutnya, OTG pasien kasus 6 dan kasus 11. Sama dengan pasien kasus 7, keduanya juga memiliki riwayat pernah berhubungan dengan pasien kasus 2.

“Tanggal 9-18 Maret 2020, Kasus 2, Kasus 3, Kasus 6 dan Kasus 11, baru pulang mengikuti kegiatan pelatihan Haji di Asrama Sukolilo Surabaya,” terangnya.

Sementara OTG positif covid-19 lainya adalah, pasien konfirmasi kasus 13 dan 14. Keduanya masih ada hubungan keluarga dengan pasien konfirmasi ke 4, yang merupakan seorang pensiunan guru yang dinyatakan positif korona usai melakukan perjalanan pulang dari Papua.

“Konfirmasi kasus 13 merupakan istri konfirmasi ke 4, sedangkan konfirmasi positif kasus 14 masih hubungan saudara dengan pasien kasus 4,” papar Gatot.

Atas hal ini, Gatot membeberkan, saat ini di Kabupaten Jember ditemukan ada sekitar 286 OTG yang tersebar di 31 Kecamatan. Lanjutnya, terbanyak Kecamatan Ajung 42 OTG, menyusul Kaliwates ada 36 OTG, berikutnya Kecamatan Patrang sebanyak 32 OTG.

Dia menjelaskan, OTG adalah seseorang yang tidak bergejala, tapi berisiko telah tertular virus corona dari pasien Covid-19.Selain itu, OTG memiliki kontak erat dengan kasus positif Covid-19.

Dan OTG yang kontak dengan pasien konfirmasi positif, dan OTG yang satu rumah, serta OTG hasil rapid tes positif,maka isolasi di rumah sakit.

“Sedangkan OTG rapid test hasilnya negatif, maka harus isolasi mandiri di rumah pengawasan PKM, Muspika, Kades atau Lurah,” sebut Dia.

Berikut adalah identitas dan riwayat kasus ke 15 konfirmasi Covid-19 yang keluarkan oleh Gugus Tugas Penanganan covid-19 Kabupaten Jember, Minggu (10/5).

Status OTG,seorang laki-laki umur 24 tahun, warga Desa Baletbaru Kecamatan Sukowono.Ia berprofesi sebagai Perawat di Klinik KF Jember.

Yang bersangkutan tidak ada riwayat bepergian dari luar kota dan merupakan kontak erat dengan kasus positif di bondowoso dengan konfirmasi ke 4.

Perjalanan medis, tanggal 26 April 2020 dilakukan rapid tes hasilnya positif. Tanggal 29 April 2020 pengambilan swab di RS Paru-Paru Jember, dan tanggal 10 Mei kemarin perawat ini dinyatakan positif covid-19. (tahrir)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.