Terbit : 3 September, 2019 - Jam : 10:35

Lestarikan Warisan Budaya, di Kabupaten Blitar Digelar Upacara Larung Sesaji

Loading...

BLITAR – Sudah menjadi tradisi setiap tahun, yakni setiap 1 Muharam atau 1 Suro di Kabupaten Blitar Jawa Timur digelar upacara adat Larung Sesaji. Tahun Baru 1441 H kali ini, upacara adat dipusatkan di Pantai Tambakrejo Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar, Senin (02/09/2019).

“Semua pantai yang ada di Blitar selatan, seperti Pantai Pasur, Pantai Serang, Peh Pulo, Jolosutro dan pantai-pantai lainnya yang ada di Blitar, semua mengadakan larung sesaji, dan untuk pemerintah daerah tahun ini disentrakan di Pantai Tambakrejo,” ungkap Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto, MM usai upacara Larung Sesaji.

Dijelaskannya, upacara Larung Sesaji yang berupa kepala sapi dan hasil bumi yang dilarung ke tengah laut ini, merupakan peninggalan para leluhur dan sebuah tradisi, bahkan sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat menjadi warisan budaya tak benda.

“Disamping melestarikan warisan budaya tradisi yang baik, memelihara semangat gotong royong, juga untuk meningkatkan upaya-upaya promosi wisata, karena Pantai Tambakrejo juga termasuk destinasi wisata yang ada di Kabupaten Blitar,” tandas Bupati Rijanto.

Bupati Blitar juga berharap, dengan kegiatan seperti ini punya multi efek ekonomi yang sangat luar biasa, juga diharapkan dengan adanya kegiatan ini, kita berdoa kepada Allah SWT agar masyarakat semakin baik, tenteram, kondusif dan ekonomi masyarakat semakin meningkat. (Rid/Hms/Adv)

Loading...
Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.