Launching Bank Sampah Unit Bumi Ayu Berseri: Komitmen DLHK Provinsi Bengkulu dan Komisi II DPRD

Bengkulu, jurnalisbengkulu.com – Dalam sebuah upaya konkret untuk meningkatkan pengelolaan sampah di Bengkulu, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Bengkulu, bekerja sama dengan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring, meresmikan Bank Sampah Unit Bumi Ayu Berseri di Kelurahan Bumi Ayu Kota Bengkulu.

Plt. DLHK Provinsi Bengkulu, Syafnizar, menyatakan bahwa kegiatan peluncuran ini adalah bukti nyata kepedulian terhadap pengelolaan sampah. “Kami berharap bahwa launching Bank Sampah Unit ini bukanlah akhir, melainkan awal dari pengembangan kegiatan pengelolaan sampah yang lebih besar lagi. Lebih banyak peran, manfaat, dan tujuan akan kami raih, mencakup lebih banyak wilayah dan masyarakat,” ujar Syafnizar.

Ia menegaskan pentingnya melibatkan semua pihak dalam gerakan pengelolaan sampah. “Kita perlu berkolaborasi, baik pemerintah maupun masyarakat. Gerakan ini tidak hanya mulia dari segi ekologi dan lingkungan, tetapi juga memberikan manfaat ekonomi yang signifikan,” tambahnya.

Sementara itu Usin dari Anggota Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu menambahkan, “Gerakan ini bukan hanya tentang lingkungan, tapi juga ekonomi. Pengelolaan sampah dapat menghasilkan produk bernilai seperti pupuk, kerajinan tangan, hingga pakan untuk ikan dan hewan ternak.”

Peluncuran Bank Sampah Unit Bumi Ayu Berseri di Bengkulu diharapkan menjadi langkah awal yang menginspirasi upaya serupa di seluruh provinsi, menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan.(Adv)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.