Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

Langkah Indragiri Hulu Putus Rantai Penyebaran Covid-19

Loading...

INHU – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu mengimbau kepada masyarakat yang mempunyai faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) agar selalu berprilaku cerdik pelaksanaanya terutama cek kesehatan secara rutin, enyah asap rokok, rajin aktivitas fisik, istirahat cukup tidur selama 6-8 jam, kelola stres dengan mengikuti anjuran pemerintah yang disiarkan secara resmi, memakai masker jika terpaksa harus keluar rumah, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

Dinas Kesehatan telah melakukan pembagian alat pelindung diri (APD) dan minuman penambah stamina bagi tenaga medis di rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Indrasari Kabupaten Indragiri Hulu.

Sedangkan langkah – langkah mitigasi penyebaran Pandemi Covid-19, tehadap penanganan penyediaan produksi pangan. Peran serta dari dinas penyuluh Pertanian sebagai garda terdepan dalam penanganan Pandemi Covid-19, terhadap Petani telah dilaksanakan di alam terbuka, dengan tidak berkumpul menghindari virus, tidak panik dan tetap melakukan aktivitas usaha pertaniannya seperti biasa, guna menjaga stabilitas ketersediaan pangan.

Petani wajib menjaga produksi tanaman pangan yakni padi, melalui pengawalan tehadap luas penanaman dan luas panen padi guna ketersediaan produksi pangan kedepannya. Untuk. Priode triwulan I Januari sampai dengan Maret kabupaten Indragiri Hulu mengalami kenaikan berjumlah 5.215,95 ton per hektar.

Tidak sampai disitu Kadistan menyampaikan kepada pihak ketiga khusnya perusahaan perkebunan terutama yang tergabung dalam FP31 (Forum Perusahaan Perkebunan Peduli Indragiri Hulu) untuk membantu baik kepada gugus tugas Covid-19, Kabupaten Indrahiri Hulu serta membantu masyarakat, terutama diaekitar perusahaan.

Pihaknya menghimbau, agar perusahaan perkebunan baik pabrik maupun kebun untuk tetap beroprasi demi melangsungkan perekonomian masyarakat tidak terlalu dampak oleh kejadian Pandemi Covid-19.

Saat ini pemerintah juga memberikan pelayanan peternakan dan kesehatan hewan yang dilakukan secara individual melalui permintaan petani dengan tetap mengedepankan protokol Covid-19, dalam melakukan pelayanan guna menjaga populasi hewan ternak sehingga produksi dagong tetap stabil guna penyediaan pangan daging.

Berdasarkan update Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu, 27 April 2020, terdapat ODP sebanyak 386 orang. ODP (Orang Dalam Pemantauan) 30 orang (9,84%) ODP selesai pemantauan 348 orang (90,16%).

ODP yang diperiksa Rapid hingga saat ini berjumlah 226 orang, dengan hasil Rapid yakni 225 orang dikatakan Negatif, sedangkan satu orang mengalami Reaktif merupakan hasil pemeriksaan ODP.

Jumlah kumulatif pelaku perjalanan (PP) dari tanggal 28 Maret sampai dengan 27 April 2020 berkisar 3.596 orang, berikut dengan rincian PP dalam Pemantauan 1.085  orang (32%) PP selesai pemantauan 2.511 orang (68%) PDP nihil, konfirmasi nihil. (Holmes Pane/Adv).

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.