Terbit : 3 Desember, 2019 - Jam : 15:41

Lahan Pertanian Oku Selatan Bertambah, Alokasi Pupuk Malah Berkurang

Loading...

Oku Selatan – Dinas pertanian kabupaten Oku selatan menggelar rapat bersama distributor, UPTD kecamatan dan kelompok tani dalam menyikapi kekurangan stok pupuk per Desember dan penambahan kelompok tani.

Rapat dilaksanakan di ruangan terbatas dinas pertanian, Selasa (03/12/2019), dihadiri langsung Kepala dinas pertanian Ir.A. Asep sudarno.M.si, Kepala bidang sarana dan prasarana kepala UPTD dan kelompok tani.

Kepala dinas pertanian Ir.A.Asep sudarno menjelaskan, kekurangan stok pupuk untuk pendistribusian kepada petani terkendala Alokasi pupuk kita berkurang yang memang telah menjadi ketentuan pusat.

Sementara itu dinas pertanian, kata Asep, akan mengajukan kembali penambahan pupuk ke provinsi dan kekementerian, mengenai usulan itu sendiri sudah dilayangkan pada bulan Nopember kemarin.

Sebelumnya, pengalokasian pupuk bersubsidi untuk Kabupaten Oku selatan pada tahun sebelumnya, berkisar 18000 ton untuk pupuk Urea dalam pertahunya, sedangkan pada tahun ini hanya 14000 ton.

Aloksi pupuk lainya juga berkurang, seperti pupuk MPK, SP36, ZA dan Organik. untuk pupuk MPK sendiri sebelumnya di Alokasikan 8000 ton dan pada tahun ini hanya berkisar 5000 ton, sementara pupuk SP36 sebelumnya, di Alokasikan 4000 tahun tahun ini hanya 2000 ton.

Sedangkan, ketentuan dalam mendapatkan pupuk bersubsidi tentunya mengacu kepada RDKK yang tergabung dalam kelompok tani, dan hanya di dibatasi 2 hektar lahan untuk satu petaninya.

Sementara itu, Iwan selaku perwakilan dari distributor CV. Polaris utama, mengaharapkan kepada pihak dinas pertanian, agar segera mengatasi kekurangan stok pupuk di Kabupaten Oku Selatan.

Menurut Iwan, kekurangan ini bisa menghambat kelangsungan penghasilan dan akan menghambat perekonomian bagi para petani, tentunya, sangat diharapakan pendistribusian pupuk ini segera disalurkan.

Pada kesempatanya, Joko selaku ketua Gapoktan Buana Pemaca juga sangat mengharapkan, penambahan pupuk karena saat ini persedian pupuk tidak ada lagi, sementara kebutuhan pupuk bagi petani itu sangat berarti.

Seperti kita ketahui kebutuhan pupuk saat ini sangat tinggi, sementara Alokasi pupuk berkurang, lahan pertanian terutama jagung juga bertambah, sehingga petani sangat mengharapkan kepada dinas pertanian Oku Selatan untuk dapat mengupayakan pengalokasi pupuk juga bertambah. (Suardi)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.