Terbit : 4 September, 2019 - Jam : 16:15

KUR Diharap Bisa Bangkitkan Ekonomi Pelaku UMKM

Loading...

ACEH TAMIANG – Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) diharap bisa membangkitkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai upaya menambah income perkapita masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang, provinsi Aceh.

Hal tersebut disampaikan Abdullah, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab, pada acara Sosialisasi KUR bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Aceh Tamiang, di Aula Sanggar Kegiatan Bersama (SKB) Karang Baru, Rabu, (04/09/2019) tadi pagi.

“KUR ini merupakan program Pemerintah, yang memberikan kemudahan bagi UMKM untuk memperkuat usahanya melalui akses pembiayaan serta investasi yang ditujukan untuk usaha produktif dan layak dalam berbagai sektor usaha”, tegas Abdullah kepada nusantaraterkini.com.

Lebih lanjut dia menyebutkan, bahwa; KUR peruntukkan pelaku usaha UMKM telah diluncurkan sejak tahun 2007 dan mulai efektif di tahun 2008.

Dia menambahkan; Pemerintah secara terus-menerus melakukan evaluasi serta perbaikan-perbaikan demi kesempurnaan dan memperluas akses KUR bagi pelaku usaha. KUR juga diharapkan dapat mendorong tumbuhnya wirausahawan baru dikabupaten Aceh Tamiang.

Selaku perwakilan dari Pemerintah Daerah, Abdullah berharap, pelaksanaan kegiatan ini dapat memberi motivasi bagi semua komponen pemangku kepentingan dan pelaku usaha untuk terus berjuang, melakukan tugas dalam upaya percepatan pertumbuhan ekonomi melalui pembinaan Koperasi dan UMKM serta kehidupan perekonomian masyarakat Aceh di masa yang akan datang, sesuai dengan RPJM Aceh Tahun 2017-2022.

Begitupun dia menekankan, KUR harus dikawal agar tepat sasaran, dan peruntukannya harus jelas sesuai dengan kebutuhan, sehingga tidak menuai masalah yang mengakibatkan kredit macet.

Abdullah berpesan, program KUR bagi UMKM harus dimonitor dan diawasi agar dapat berhasil guna dan berdaya guna sehingga program tersebut dapat dirasakan bagi para wirausahawan yang ada di Bumi Muda Sedia.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 30 orang peserta, terdiri dari calon debitur dan pendamping KUR, Panitia Pelaksana menghadirkan narasumber, yakni Rosnita, dari Dinas Keperasi, dan UKM Aceh; Ikhsan, Account Officer BRI Cabang Kota Kualasimpang; dan Suhartono dari Bank Mandiri. (Syawaluddin)

Loading...
Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.