Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Kunjungan Menkop UKM ke Jember, Kemitraan Konsep Mitra Tani 27 Akan Jadi Usulan ke Presiden

Loading...

Jember- Kedatangan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki di Jember pada Kamis kemarin, menjadi penyemangat untuk terus bangkit di tengah wabah Covid-19 yang menghantan beberapa sendi kehidupan termasuk salah satunya ekonomi.Jumat, (2/10).

Demikian disampaikan
Plt.Bupati Jember KH.Muqit Arief saat menyambut kedatangan Teten Masduki dalam kunjungan kerjanya di PT.Mitra Tani 27 Kaliwates Jember.

PT Mitra Tani 27 sebuah perusahaan yang
bergerak dalam bidang agroindustri dan perdagangan, dengan komoditi utama sayur beku dan olahan kedelai Jepang atau Edamame yang telah eksport hingga ke mancanegara.

Menurut Plt.Bupati yang akrab disapa Kyai Muqit, Mitra Tani 27 merupakan perusahaan kebanggaan masyarakat Jember.Bukan hanya aspek bisnisnya saja, melainkan Mitra Tani 27 juga bisa membawa jember ke pentas nasional.

“Sementara daerah-daerah lain masih perlu berusaha bagaimana daerahnya bisa terkenal ke berbagai daerah lain, itu banyak yang merasa kesulitan, ” terang Ky.Muqit.

Plt.Bupati menuturkan, pemerintah sangat terbantu sekali dengan produk-produk dari PT.Mitra Tani 27, oleh karenanya suport dan saran Menteri Koperasi dan UKM sangat diharapkan.

Sehingga nanti kedepan Mitra Tani 27 bisa besar dan memberikan manfaat yang besar pula khususnya kepada masyarakat Jember.

“Seperti kita tahu tenaga kerjanya sekitar 7 ribu lebih itu merupakan suatu hal yang sangat luar biasa, ” katanya.

Apalagi, Lanjut Kyai Muqit, di era covid ini banyak perusahaan-perusahaan yang kolaps, bertumbangan, pekerja banyak dirumahkan hingga terkena PHK.Namun mitra tani tetap kokoh, bisa menyerap tenaga kerja yang begitu banyak, bisa mengangkat potensi masyarakat.

“Semoga mitra tani yang bermitra dengan petani bisa menjadi inspirasi bagi semua, dalam rangka untuk penyelamatan ekonomi khususnya di lingkungan UKM dan koperasi, ” pungkas Plt.Bupati.

Sementara Teten Masduki dalam sambutannya, menyampaikan terimakasih untuk Mitra tani 27 dan Koperasi Serba Usaha (KSU) keluarga Mitra tani, karena sudah membangun suatu bisnis model yang bagus.

KSU Keluarga Mitra Tani yang saat ini mempunyai anggota lebih dari 400 petani dengan memiliki sekitar 300 hektar lahan pertanian tanaman edamame, Teten menerangkan, dari segi produksi jelas-jelas sudah bagus.Untuk 1 hektare lahan saja, dari mulai tanam hingga panen bisa melibatkan ratusan orang.

“Yang lebih luar biasa Mitra tani 27 melibatkan koperasi, dan petani biasa, ” katanya.

Teten merencanakan, model usaha yang dikembangkan Mitra Tani 27 dengan melibatkan petani sebagai mitra kerjanya akan menjadi usulan kepada Presiden Jokowi, agar diadopsi dalam rangka rencana program pengembangan usaha nasional kedepan.Sebab sistim kemitraan seperti ini ternyata sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Suatu waktu saya ingin sampaikan ke presiden model seperti ini yang kita kembangkan ke depan. Kita punya potensi banyak, ” kata Teten. (Tahrir)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.