Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

KPU OKU Selatan, Bekerjasama Dinkes Lakukan Ravid tes Kepada 893 PPDP

Loading...

OKU Selatan,Nusantara terkini.com- Pemerintah kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan melalui Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat melakukan rapid test kepada 893 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di 19 kecamatan yang ada. Sabtu (11-07-2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, dr Meri Astuti., MM, mengatakan kegiatan rapid test dilakukan secara serentak di 19 Puskesmas yang ada di 19 kecamatan dalam wilayah kabupaten OKU Selatan.

” Rapid test kepada 893 PPDP ini, akan diserahkan secara langsung ke pihak penyelenggara pemilu yaitu, KPUD OKU Selatan, ” ungkapnya.

Kegiatan rapid test tersebut, melibatkan seluruh tenaga kesehatan baik dokter, analis, perawat kesling dan tenaga administrasi yang tersebar di 19 Puskesmas, dan mengenai biaya Ravid tes terhadap 893 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) ditanggung pihak KPU OKU Selatan.

” Semua tenaga kesehatan, dilibatkan dari masing-masing puskesmas bervariasi. Rata rata 6 sampai 12 orang, dan anggaran pelayanan jasa bagi para tenaga medis tersebut, juga ditanggung pihak KPU, ” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU OKU Selatan Ade Putra Martabaya., SH., melalui Kasubbag Hukum KPU OKU Selatan Fadillah Mershad, SH., menjelaskan, jika hari ini sebanyak 893 PPDP mengikuti pelaksanaan rapid test yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan OKU Selatan melalui masing-masing PKM setempat.

“Mengingat PPDP akan mulai melakukan coklit pada tanggal 15 Juli 2020 mendatang, maka kami lakukan rapid tes terhadap PPDP di seluruh kecamatan, ” ujarnya.

Dikatakanya, pelaksanaan rapid test dilakukan untuk memastikan PPDP yang melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati OKU Selatan pada 9 September 2020 nanti, benar-benar sehat dan tidak menjadi carrier atau pembawa virus Covid-19.

” Kegiatan akan dilaksanakan hari ini dan besok, dan telah ada beberapa kecamatan yang selesai, ada juga yang belum selesai. Apabila, ada anggota PPDP yang reaktif terpaksa kita ganti. Untuk hasil rapid testnya sendiri nanti Dinkes yang akan mengumumkan dan menyerahkan ke KPU, ” terangnya. ( Suardi)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.