KPU Gelar Debat Perdana Tiga Calon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Selatan.

TANGSEL,NUSANTARA TERKINI. Com –Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan menggelar debat kandidat Pilkada 2020, Minggu (22/11/2020).

Debat perdana dengan Tema “Mewujudkan Masyarakat Tangsel yang sehat, Berkarakter, Maju dan Sejahtera” digelar dan disiarkan secara langsung dari Studio KompasTV, Palmerah, Jakarta Barat, mulai pukul 19.30 WIB. (malam)

Terdapat beberapa persamaan program Tiga pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan yaitu senada akan memberikan dana permodalan untuk kaum disabilitas.

Tampak semangat Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan nomor urut 1, Muhamad mengajukan pertanyaan perihal pengelolaan sampah yang dinilai masih menjadi masalah utama di Tangsel.

“Permasalahan TPA Cipeucang menjadi permasalahan utama untuk Kota Tangerang Selatan, karena itu sudah jelas melanggar batas air dari peraturan Kementerian PU. Bagaimana menanggapi hal tersebut,?”

Menanggapi hal itu, calon Wakil Wali Kota Tangsel nomor urut 3, Pilar Saga mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan penggunaan teknologi untuk pengelolaan sampah. Pasalnya, saat ini lahan Cipeucang tak lagi mampu menampung sampah.

“Saat ini permasalahan sampah di kota – kota besar memang cukup sulit karena jumlah sampah rumah tangga yang mendominasi, yakni 700-800 ton per hari. Untuk itu kita harus menghadirkan teknologi sekaligus investasi ke Tangerang Selatan. Salah satunya PLTSa (pembangkit listrik tenaga sampah),” kata Pilar.

Di Pilkada Tangsel 2020, Pilar berpasangan dengan Benyamin Davnie yang juga menjabat Wakil Wali Kota Tangsel, saat ini menjadi pertahana Saras sebut, tenaga kebersihan di Kota Tangerang Selatan sangat kurang Menanggapi jawaban dari Pilar Saga, Saras menuturkan bahwa kerap kali melihat banyak masyarakat yang membakar sampah. Padahal hal tersebut dapat menyebabkan polusi udara.

“Tapi kita tidak bisa menyalahkan masyarakat sepenuhnya, karena tenaga kebersihan di Tangsel hanya 150 dan armada kebersihan hanya 40 untuk 54 kelurahan,” ujar Saras.

Saras mengungkapkan, jika terpilih, pihaknya akan membangun dua pabrik pengolahan limbah untuk mengelola sampah di Kota Tangerang Selatan.

“Kami sudah siap dengan investor yang tidak membutuhkan APBD sepeserpun, mereka siap mendirikan pengelolaan dan pengolahan limbah,” tegas Saras.

Pilar Saga mengatakan, adanya pembangunan PLTSa di Kota Tangerang Selatan telah melalui proses penelitian komprehensif dari berbagai ahli.

“Kalau kita buat yang baru, tentu saja itu belum ada studinya. Sebagai sarjana teknik, saya masih mempertanyakan bagaimana metode, dampak, dan sebagainya, studinya seperti apa?” tuturnya.

Debat perdana itu menjadi ajang persaingan tiga pasangan calon dari keluarga elite politik yang berebut kekuasaan lewat pemungutan suara 9 Desember 2020.

Pasangan nomor urut satu adalah Muhamad – Rahayu Saraswari Djojohadikusumo (Sara) yang diusung PDI-P, Gerindra, PSI, PAN, dan Hanura dengan total 23 kursi di DPRD Tangsel.

Mereka juga didukung empat partai tanpa kursi di DPRD Tangsel, yakni Nasdem, Perindo, Garuda, dan Berkarya.

Muhamad ialah mantan sekretaris daerah (Sekda) Tangsel yang mengundurkan diri seiring pencalonan dirinya di Pilkada 2020.

Sementara Sara, merupakan politisi Partai Gerindra sekaligus keponakan dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Pada nomor urut dua, terdapat pasangan calon Siti Nur Azizah – Ruhamaben yang diusung Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan total 13 kursi di DPRD Tangsel.

Azizah merupakan putri keempat dari Wapres Ma’ruf Amin. Azizah kini menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat.

Dia berpasangan dengan kader PKS, Ruhamaben, mantan direktur keuangan Badan Usaha

Pada nomor urut tiga, ada pasangan calon Benyamin Davnie – Pilar Saga Ichsan yang diusung Partai Golkar dengan total 10 kursi.

Mereka juga didukung tiga partai tanpa kursi, yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Bulan Bintang (PBB), dan Gelora.

Benyamin merupakan petahana Wakil Wali Kota Tangsel. Sedangkan Pilar adalah anak Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, adik dari Mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

Debat publik perdana digelar dan disiarkan secara langsung dari Studio KompasTV, Palmerah, Jakarta Barat, mulai pukul 19.30 WIB.”dapat disaksikan langsung oleh masyarakat Tangerang Selatan untuk menentukan Pilihan nya pada 9 Desember 2020. (Man)

Rekomendasi
Loading...

Ruangan komen telah ditutup.