Koperasi Berkah Telur Blitar Dilaunching, Ini Pesan Wabup Rahmat Santoso

NUSANTARATERKINI.COM, BLITAR – Koperasi Berkah Telur Blitar resmi dilaunching pada Sabtu (2/09/2023), bertempat di Balai Desa Jambepawon Kecamatan Doko Kabupaten Blitar.

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Bupati (Wabup) Blitar Rahmat Santoso, Direktur SPHP Bapanas, Ketua Dekopinda Kabupaten Blitar, Ketua Koperasi Berkah Telur Blitar dan jajarannya, dan Forkpimcam Doko.

Wabup Rahmat Santoso dalam sambutannya menyampaikan, Kabupaten Blitar merupakan sentra peternakan dan perikanan. Untuk produksi telur ayam 400-600 ton perhari.

Produksi telur Kabupaten Blitar penyumbang supply 28% telur nasional dan 70% telur Jawa Timur, dengan melibatkan sekitar 3.286 peternak dengan kebutuhan jagung sebagai bahan baku pakan ternak sekitar sebesar 800 ton perhari.

“Untuk itu, perlu pemantapan bagi petani untuk menanam jagung dan jaminan harga harus terjaga, sehingga petani dan peternak tidak saling dirugikan,” jelasnya.

Ia juga berharap dengan hadirnya Koperasi Berkah Telur Blitar yang dilaunching mudah-mudahan bisa membawa solusi bagi seluruh anggota, sehingga usaha tetap stabil, perekonomian tetap bisa bisa terjaga.

“Semoga dengan dilaunchingnya Koperasi Berkah Telur Blitar bisa menjalankan peran fungsinya sesuai AD/RT dan semoga juga sesuai dengan namanya dan membawa manfaat bagi banyak orang,” pungkasnya.

Sementara Ketua Koperasi Berkah Telur Blitar, Yessy Yuni Astuti mengatakan, Koperasi Berkah Telur Blitar merupakan kumpulan peternak rakyat dan pelaku UMKM berbasis peternakan yang beranggotakan sebagian besar profesional muda yang sarjana di bidangnya di kawasan Blitar timur.

Menurutnya, kawasan Blitar timur mempunyai potensi peternakan yang bagus, akan tetapi kurang strategis karena letak geografisnya sebagian besar dataran tinggi dan pegunungan.

“Untuk itu, dengan hadirnya Koperasi Berkah Telur Blitar, siap berjuang untuk membantu peternak rakyat yang berada di kawasan Blitar Timur bisa bangkit dan mensejajarkan diri dengan peternak rakyat di daerah lain dan membangkitkan ekonomi kerakyatan sehingga diharapkan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat,” jelasnya.

Sekedar informasi, Koperasi Berkah Telur Blitar area operasionalnya meliputi, Doko, Gandusari, Talun, Wlingi, Kesamben, Selopuro dan Selopuro.

Koperasi Berkah Telur Blitar mempunyai 5 Divisi yaitu, Divisi Telur, Ruminansia, Perikanan, Pakan dan Divisi Olahan Makanan berbasis peternakan.

Dengan SK Kemenkumham Koperasi yang terbit pada pertengahan Juli 2023, Koperasi Berkah Telur Blitar menyatakan siap berkerja sama dan bersinergi dengan pemerintah pusat maupun daerah dan semua stakeholder dunia peternakan. (rid)

 

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.

You cannot copy content of this page