Konsolidasi Sebelum Dilantik, DPD LPM Jember Siap Bantu Program Bupati Jember

JEMBER, Nusantaraterkini.com – DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kabupaten Jember siap membantu program kerja Bupati Jember yang baru untuk akselerasi pembangunan Jember ke depan.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPD LPM Jember, Indi Naida saat konsolidasi sebelum dilantik di Kohana Cafe. Pengurus DPD LPM Jember, kata dia sudah disahkan oleh LPM Provinsi dengan No Surat Keputusan KEP-08/SK/DPD JATIM/LPM/XII2020.

“Konsolidasi awal ini, selain untuk saling kenal antar sesama pengurus juga paling tidak ada pembicaraan kecil bagaimana peran LPM ke depan bisa berkontribusi membangun Jember bersama bupati yang baru,” ujar Indi Naida, SH ketua DPD LPM Jember di Kohana Cafe, 26 Februari 2021.

Selama ini, sambung Indi, sudah 9 tahun LPM Jember tidak berjalan. Padahal, perannya dibutuhkan oleh masyarakat, dampaknya LPM yang di bawahnya mulai kecamatan hingga desa tidak terurus.

“Kebetulan, bupati yang baru ini semangatnya akselerasi membangun Jember, makanya nanti bisa bersinergi dengan kembali aktifnya DPD LPM Jember ini, kami siap bekerja 24 jam penuh,” tegas Indi.

Indi menjelaskan, tadi sudah banyak usulan-usulan bagaimana langkah awal ke depan, terutama dari bidang UMKM yang akan membantu pemasaran produk UMKM desa. Kebetulan, Wakil Ketua UMKM sudah malang melintang di bidang UMKM.

Wakil Ketua Bidang Koperasi dan UMKM, Restu Prayogi mengatakan bahwa teknisnya nanti pasti akan mengikutsertakan pengurus yang dibawah khususnya yang di tingkat desa.

“Mulai pendataan UMKM dan membuatkan market place bila dijual secara online. Nanti kami juga akan membantu pemasaran lewat relasi ke luar daerah, pada prinsipnya kami dari bidang UMKM akan bekerja keras untuk kemajuan UMKM Jember,” terang Yogi, sapaan akrabnya.

Bukan hanya UMKM, kata Yogi, nantinya juga akan fokus di sektor pertanian sebab mayoritas masyarakat Jember adalah petani, bila petani terberdayakan dengan baik, bukan tidak mungkin swasembada pangan akan terwujudkan.

“Saya berharap DPD LPM Jember dapat memberikan kontribusi nyata sebagai lembaga yang tupoksinya pemberdayaan. Dan, kami terbuka kepada siapapun untuk bersinergi bersama-sama membangun Jember yang lebih baik,” ungkap Yogi. (Fahmi/Tahrir)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.