Kominfo Asahan Siap Bantu Wujudkan Digitalisasi Birokrasi

Nusantaraterkini.com | Asahan – Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, menyatalan pihaknya siap mewujudkan digitalisasi birokrasi sebagai kultur baru yang dapat memangkas birokrasi yang memakan banyak waktu, tenaga, dan biaya. 

Hal tersebut dikatakan Hidayat saat menjadi narasumber dalam Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kelompok Digitalisasi Birokrasi pada Kamis (18/3/2021).

Forum tersebut digelar untuk penyusunan rencana program kerja Bidang Digitalisasi Birokrasi Kabupaten Asahan sejalan dalam mendukung visi misi Bupati Asahan dalam Program Prioritas Bupati dibidang Digitalisasi Birokrasi.

“Program prioritas yang menjadi fokus perhatian diskominfo Kabupaten Asahan di bidang digitalisasi birokrasi, diantaranya adalah KTP tangguh, perizinan online, bayar pajak/retribusi online, pemasaran UMKM, pendaftaran pasien RS, pendaftaran siswa sekolah, Asahan satu pintu, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan informasi publik,” ungkap Rahmat.

Sementara itu, program kegiatan yang telah dilakukan oleh Dinas Kominfo Asahan dalam rangka mewujudkan pengembangan sistem pengawasan langsung dan berbasis digital serta pengembangan pelayanan publik berbasis digital Kabupaten Asahan berupaya menerapkan konsep smartcity diantaranya, Penyediaan jaringan internet dan CCTV di seluruh OPD se-Kabupaten Asahan.

Sebelumnya, Bupati Asahan H Surya menjelaskan mengenai strategisnya kegiatan ini untuk mensinergikan program prioritas di bidang Digitalisasi Birokrasi yang merupakan hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) rencana kerja perangkat daerah.

“Kegiatan ini sangat strategis, karena berkaitan dengan pelaksanaan program prioritas yang pertama di bidang Digitalisasi Birokrasi bagi setiap OPD, sebagai upaya menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang efektif inovatif profesional dan akuntabel di Kabupaten Asahan,” ucap Bupati. (IndraLubis)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.