Komandan Kodim Banjarnegara Berikan Jamdan kepada Seluruh Prajurit dan PNS

Banjarnegara, Nusantaraterkini.com – Dandim 0704/Banjarnegara Letkol Inf Dhanang Agus Setiawan, S.E., M.Si. Memberikan Jam Komandan kepada seluruh Prajurit, PNS Kodim 0704/Banjarnegara. Sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi langsung dengan prajurit di Lapangan Upacara Makodim. Selasa (13/09/22).

Dandim Banjarnegara menyampaikan “Bahwa ada beberapa program unggulan TNI AD yang menjadi atensi pimpinan yg saat ini sedang dilaksanakan oleh Kodim 0704 Banjarnegara.

Program unggulan pertama adalah ketahanan pangan. Kodim 0704/Banjarnegara saat ini telah menanam jagung seluas 2 hektar di desa Binorong Kecamatan Bawang Banjarnegara yg sudah berjalan 69 hari, dan  saat ini kondisinya cukup baik dan sehat”,jelasnya.

Hal ini merupakan salah satu upaya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan sebagai dampak situasi global Perang Rusia-Ukraina dan kondisi nasional akibat penyesuaian harga BBM. “Hasil dari panen penanaman jagung nantinya di peruntukan untuk masyarakat yang membutuhkan.Terutama yang terdampak dengan adanya penyesuaian harga BBM”, imbuh Dandim.

Kedua TNI Manunggal Air,  Kodim 0704 Banjarnegara telah melaksanakan pembuatan sumur bor di dusun Bulupitu Desa Petir Kecamatan Purwanegara bekerjasama dengan Balai Besar Wilayah Serayu Opak.

“Saat ini masih berlangsung semoga program ini bisa berhasil, sehingga ketersediaan air bagi masyarakat Desa Petir yang selama ini sulit mendapatkan air bersih di musim kemarau bisa terwujud.

Selanjutnya program stunting dan TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan (TMKK) dimana Bapak KASAD selaku bapak asuh anak stunting. Saat ini kita  telah menindaklanjuti dan akan terus dilaksanakan dalam rangka pengentasan anak stunting di wilayah Banjarnegara, sehingga kedepannya generasi penerus yang akan datang akan lebih berkualitas. Kodim 0704 Banjarnegara dengan Stakeholder terkait seperti Dispermades, Dinkes, Puskesmas akan melaksanakan pendampingan dan penyuluhan stunting, khususnya kepada remaja, ibu hamil, pasangan usia subur maupun keluarga. Kemudian, perlu kita maksimalkan peran kita dalam membantu Pemda mensukseskan Banjarnegara bebas buang air besar sembarangan, dengan program jambanisasi di wilayah Kab. Banjarnegara.

Mengenai bencana alam, tidak lupa saya mengingatkan kepada seluruh anggota bahwa musim penghujan diperkirakan akan datang lebih awal sesuai dengan perkiraan BMKG. Di mana ada fenomena La Nina yang menyebabkan suhu menjadi lebih dingin dengan dan curah hujan akan lebih tinggi. Kodim 0704 Banjarnegara harus bersiap untuk menghadapi bencana alam tersebut, apalagi Kab.Banjarnegara rentan terhadap bencana tanah longsor dan tanah bergerak. Kita akan membantu pemerintah daerah berkolaborasi dengan BPBD, Polres,Tagana, Relawan dan masyarakat. Dalam waktu dekat kemungkinan minggu depan kita akan laksanakan apel  kesiapsiagaan bencana.

Lebih lanjut mengenai Pemilu 2024, Dandim berpesan jaga netralitas TNI, tidak ada anggota Kodim yang berpolitik praktis, kita pegang teguh netralitas TNI. Sekali lagi kita tidak berpolitik, politik TNI adalah politik negara. Tidak lupa Dandim juga menyampaikan tentang situasi saat ini, bahwa sebagai TNI harus menjaga soliditas jangan mau di adu domba, TNI tetap loyal, loyalitas tegak lurus ke atas.

Dandim juga menyampaikan bahwa TNI adalah alat pemersatu bangsa, selaku Dandim saya bertanggung jawab terhadap kondisi moril prajurit yg berada di bawah Komando saya khususnya Kodim 0704/Banjarnegara. Kodim memiliki asas kesatuan komando, dalam penggunaan kekuatan loyal kepada Bapak Panglima TNI dan dalam pembinaan kekuatan loyal kepada Bapak Kasad. Kesatuan komando, loyalitas tegak lurus kepada institusi dan pimpinan, struktur organisasi yang teratur dan tidak seenaknya inilah yang menjadi ciri khas organisasi militer khususnya TNI, berbeda dengan organisasi lain apalagi gerombolan yang tidak jelas rantai komando maupun loyalitasnya. (Pendimbna)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.