Kodim 0704 Banjarnegara melaksanakan Pengurangan Daun Di Bawah Tongkol 

Banjarnegara, Nusantaraterkini.com – Untuk meningkatkan produksi dan produktivitas, Staf Ter Kodim 0704/Banjarnegara, Koramil 10/Bawang, PPL Kec Bawang, Babinsa dan kelompok tani tiga serangkai. Melakukan pengurangan daun demplot tanaman jagung dengan bibit Jagung asia Gold 77. Di areal persawahan seluas 2 Ha milik TNI AD  di Desa Binorong Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara. Senin (19/09/22).

Pasiter Kodim 0704/Banjarnegara Kapten Inf Sugiyono mengatakan Program ini bertujuan untuk membantu meningkatkan program Pemerintah Daerah. Untuk pencapaian pemenuhan hak atas pangan, meningkatkan ketahanan pangan nasional dan lokal, serta meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat guna kepentingan pertahanan negara,” ungkapnya.

Ketua BPP Kecamatan Bawang ibu Suparti .SP menyampaikan bahwa saat sekarang ini pemanfaatan lahan TNI di tanami Jagung Varietas Asia Gold 77 umur tanaman sampai hari ini 75 hari.

Oleh karena itu pengurangan  4-5  daun di bawah tongkol, dengan tujuan untuk mengurangi kelembaban tanaman untuk mencegah serangan jamur mengingat kondisi sekarang sering hujan. Mencegah serangan hama tikus, karena hama tikus senang di tempat yang rimbun.

Tanaman berumur 80-85 hari penyiangan, membersihkan rumput disekitar tanaman, agar lingkungan bersih tidak di sukai hama tikus .

Hal ini di laksanakan petani sesuai kondisi lingkungan tanaman. Bila di lahan kelihatan banyak rumputnya maka harus segera di bersihkan. Pemangkasan batang tanaman di atas tongkol jagung dengan tujuan untuk mempercepat waktu panen. Kegiatan ini di lakukan 7-10 hari sebelum panen. Serta pengamatan hama dan penyakit secara rutin sampai menjelang panen.(Pendimbna).

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.