Kisah Keluarga Miskin, Ingin Bertemu Walikota Tangerang

TANGERANG, NUSANTARA TERKINI.Com – Keadaan tiga bersaudara Nana (54) tahun karena miskin belum menikah begitu juga dua saudara kandung nya yaitu Nasih (52) Seorang wanita Perawan tua dan Nasin (45) belum menikah karena memiliki penyakit keterbelakangan mental. tinggal di Kawasan Gang Sadiih RT 03/03 Kedaung Baru Kecamatan Neglasari Kota Tangerang.untuk kebutuhan sehari-hari mengandalkan bantuan tetangga.

“Ini Nasih (52) adik perempuan yang memasak makanan kalau lagi egak ada duit ya egak makan, kalau dikamar itu namanya Nasin adik saya juga maaflah, dia penyakit keterbelakangan mental, ya beginilah nasib kita bertiga belum pada menikah,”ujar Nana sambil memelas saat ditemui di Kediaman nya.

Dulu Saya, Pernah Menjadi tukang becak di depan kecamatan Neglasari tapi sering egak dapat penumpang jadi berhenti, sekarang buang sampah tetangga pakai becak itu juga,” Ya,Ketimbang nganggur lumayan satu minggu dibayar Rp 5000 ribu ada empat tetangga, jadi dapat Rp 20.000 ribu perminggu,” Hal pertama yang Nana utarakan kepada awak Media Nusantara Terkini.Com saat dijumpai di Rumah tersebut berada di dalam gang kecil di gang Sadiih RT 03/03 Kedaung Baru Kecamatan Neglasari Kota Tangerang Banten.

Masih didalam Rumah itu Seorang Perawan tua Nasih (52) mengungkapkan, Saya juga tinggal dirumah ini, tidur gelar karpet ya gimana lagi suami egak punya, nyarik kerja susah ya egak berbuat apa-apa hanya dapat bantuan dari PKH, Pertiga bulan kurang lebih Rp 550.000 yaitu buat makan bersama untuk selama tiga bulan.

Kelam dan tidak di sangka, Nasih, sudah berumur senja itu merawat adik nya yang mengalami keterbelakangan mental seorang diri sejak kedua orang tuanya meninggal dunia dan menyiapkan makan untuk Abang dan adiknya itu, selama tiga bulan hanya mengandalkan uang Sebasar Rp 700.ribu yaitu bantuan PKH Rp 550 ribu dan dari penghasilan jasa membuang sampah sebesar Rp150 ribu yang diberikan Abang nya.

“Kebutuhan sehari – hari ya itu bantuan PKH dan ditambah uang dari Abang saya kalau digabung tiga bulan hanya Rp 700 ribu kalau egak punya uang kadang minta minta nasi putih keluarga dan tetangga, sering juga egak makan ya minum aja,”kata Nasih

Berdasarkan pengamatan Nusantara Terkini.com didalam rumah itu tidak terdapat perabotan apapun hanya ada dua helai karpet dan batu tungku tempat memasak dan beberapa piring,wajan dan panci, bahkan jam dindingpun tidak tampak Didinding rumah hanya memiliki satu kamar dan itupun dari bantuan program rehap rumah pada tahun 2015 .

“Jangankan beli perabotan mas, beli baju ganti dan buat makan aja egak cukup,”rintih Nasih,”Air matanya pun mulai bercucuran ketika melihat adik nya sudah bertahun -tahun hanya berdiam diri dikamar karena keterbelakangan mental.

Nasih berharap, Saya bertiga Pengen banget ketemu sama Wakil dan Walikota mau cerita tentang penyakit adik saya itu,”siapa tau dapat berobat geratis, kemimpi -mimpi didatangi pak Gubernur Banten kata orangkan pak Wahidin asli orang Tangerang kan ya Mas, “tapi mau nemuin egak tau rumah dan kantor nya.

“Kenal sih mukanya Walikota dan wakil nya dari Poster dan spanduk, kalau mukanya Gubernur pernah liat sih,kalau ketemu langsung ya egak pernah,”mana mungkin mereka mau datang kekampung ini, Ucap Nasih sembari mengusap Pipinya yang baru saja dibasahi air matanya,”saat di temui dirumah nya berdiri ringkih, diantar tetangganya yang hidup sederhana,Jum’at 15 Januari 2021.

Sementara Ketua Rukun Warga (RW) setempat Untok, mengaku, keluarga Nana atau tiga bersaudara itu, Memang Selayak nya pihak Pemkot Tangerang Kota dan Pemda Banten segeralah memberi bantuan perobatan dan berupa Bansos,”Sebab masuk dalam golongan orang miskin. Apalagi, tambah Untok, Nasin, sudah lama sakit Keterbelakangan mental

“Banyak orang hebat di sekitar kita.Kisah tiga bersaudara pak Nana,Nasih dan Nasin, layak untuk jadi inspirasi bagi semua Pejabat Pemerintah Daerah, Mari kita berbagi rasa dan kita jadikan mereka sebagai Sosok masyarakat yang Merdeka,”Singkat nya.

Biro Tangerang Raya : Rohman

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.