Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

Ketua Tim Penggerak PKK OKU Selatan, Pantau langsung Pelaksanaan KB Gratis di Harganas ke XXVll

Loading...

Oku Selatan, Nusantaraterkini.com- Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-69 tahun, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan Isyana Lonetasari Popo Ali, tinjau pelaksanaan pelayanan KB gratis di UPTD Puskesmas Muaradua dan UPTD Puskesmas Buay Rawan. Senin (29-06-2020).

Dalam kunjunganya, Ketua TP-PK OKU Selatan didampingi Kepala Dinas Kesehatan kabupaten OKU Selatan, dr Meri Astuti., MM, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A), Bulandina, SKM.,MM, Ketua Ikatan Bidan Indonesia cabang OKU Selatan Hj. Rina Anita, SKM.,MM.

Isyana Lonetasari saat disambangi disela kegiatannya memantau pelaksanaan KB gratis tersebut, mengatakan pelayanan KB gratis dengan target layanan sejuta akseptor ini dilakukan dalam rangka peringatan Harganas dan hari IBI yang di gelar secara serentak di Indonesia dan 19 kecamatan yang ada di OKU Selatan.

Dikatakanya, masing-masing UPTD Puskesmas di 19 Kecamatan yang ada di OKU Selatan menargetkan pelayanan kepada 236 akseptor KB dari berbagai jenis alat kontrasepsi​​​​​​.

“Dari target 236 akseptor yang dilayani ini terdiri dari pemasangan kontrasepsi IUD untuk 28 orang, suntik sebanyak 52 orang, pil dan kondom sebanyak 156 orang, ” ungkap Isyana.

Dengan adanya program KB geratis ini, maka bisa meningkatkan kesejahteraan ibu, anak dalam rangka mewujudkan norma keluarga kecil bahagia sejahtera yang menjadi dasar terwujudnya masyarakat yang sejahtera dengan mengendalikan kelahiran sekaligus menjamin terkendalinya pertambahan penduduk.

” Pengaturan kelahiran, memiliki benefit (keuntungan) kesehatan yang nyata, salah satu contoh pil kontrasepsi dapat mencegah terjadinya kanker uterus dan ovarium, penggunaan kondom dapat mencegah penularan penyakit menular seksual, seperti HIV, ” Jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Kabupaten OKU Selatan, Bulandina SKM., MM menyampaikan, pada momentum peringatan Harganas tahun ini Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana bersama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) melaksanakan pemasangan KB gratis di 19 UPTD Puskesmas.

” Meskipun peringatan Harganas tahun ini kita laksanakan berbeda dari tahun sebelumnya, akibat pandemi COVID-19. Tetapi, harus memberikan manfaat langsung kepada keluarga dan masyarakat salah satunya melalui pelayanan KB sejuta akseptor, ” Jelasnya.

Sementara itu kepala Dinas Kesehatan OKU Selatan dr Meri Astuti menuturkan bahwa pelaksanaan layanan KB gratis ini bekerja sama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dalam rangka memperingati HUT Harganas XXVII tahun 2020 dan HUT IBI ke-69 tahun.

“Pada tahun ini IBI OKU Selatan berulang tahun ke- 69, tepatnya 24 Juni 2020 yang lalu, sementara Peringatan Harganas XXVII 2020 jatuh hari ini 29 Juni. Waktunya hampir bersamaan, oleh sebab itu diadakanya giat bersama dalam pelayanan KB gratis”.tutur Meri.

Melalui kerja sama antara IBI dan Dinas PPKBP3A OKU Selatan, diharapkan layanan KB gratis bisa bermanfaat untuk masyarakat dan kegiatan ini juga dalam rangka mensukseskan program pemerintah yakni, pelayanan KB serentak sejuta Akseptor.

Melalui program KB ini, masyarakat secara langsung diberi edukasi tentang manfaat KB yang erat kaitannya dengan kehidupan keluarga, melalui mengatur jarak kehamilan guna mempermudah masyarakat dalam menyusun perencanaan dalam ketahanan keluarga, menuju keluarga yang sejahtera.

” Pelayanan kepada ratusan Akseptor tersebut sudah berjalan tiga hari yang lalu, hingga selesai pada hari ini yang merupakan puncaknya. Hal itu dikarenakan pelayanan di tengah pandemi Covid-19 saat ini, belum dapat dimungkinkan untuk ratusan Akseptor dilayani secara serentak. Karena ada penerapan protokol kesehatan, ” tuturnya. (Suardi)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.