Ketua Bawaslu Kalbar: PSU Pilkada Sekadau Sesuai Juknis Dan Landasan Hukum

Sekadau, Nusantaraterkini.com – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Barat Ruhermansyah melakukan supervisi langsung gelaran tahapan penghitungan suara ulang pilkada Bupati/Wakil Bupati Sekadau 2020 di Sekretariat KPU Kompleks Perkantoran Pemda, pada Kamis(15/4/2021).

Peninjauan tahapan penghitungan suara ulang oleh Bawaslu dikatakannya sebagai bentuk pengawasan jajarannya dan memastikan jalannya tahapan tidak melenceng dari ketentuan atau petunjuk teknis (juknis) yang dikeluarkan pihak KPU.

” Tujuan Kunjungan Supervisi ini guna melihat secara langsung penyelenggaraan penghitungan suara ulang  sesuai putusan MK Nomor 12/ PHP- Bup. XIX/2021, dan memastikan penghitungan suara ulang sesuai juknis serta landasan hukumnya”  katanya disela kunjungannya.

Pihaknya juga memastikan bahwa penyelenggaraan kali ini oleh KPU telah sesuai dengan ketentuan dan perundang – undangan yang ada.

” Tadi Bawaslu sudah melakukan pengecekan langsung dan juga berdasarkan hasil pengawasan Bawaslu selama ini, tata cara mereka saat mengeluarkan kotak suara saat penghitungan ulang telah sesuai, usai penghitungan ulang seluruh kotak suara telah tersegel dan pakta dilapangan demikian adanya ” imbuhnya.

Hasil supervisi membuktikan pengamanan gudang kotak suara oleh KPU pasca putusan MK ditangani langsung pihak keamanan, dibuktikan dengan disegelnya dan dikuncinya  gudang kotak suara dan kunci dipegang oleh pihak keamanan. 

” Kuncinya double dipegang satu dengan unsur  keamanan , dan satu dipegang kepolisian ” sambungnya.

Pihak Bawaslu dikatakannya tetap menunggu hingga tahapan selesai dari mulai tingkat kecamatan , kabupaten hingga penetapan pasangan calon Bawaslu terus menjalankan fungsinya.(jr)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.