Kerjasama dengan MDS Rijalul Ansor, Lesbumi Cabang Kencong Sukses Gelar Festival Pujian Jowo

Jember, Nusantaraterkini.com – Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (LESBUMI) Cabang Kencong Kabupaten Jember bekerjasama dengan Majlis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor Cabang Kencong sukses menggelar Festival Pujian Jowo.

Kegiatan bertajuk “Nguri-Nguri Budoyo Nulodo Laku Walisongo” tersebut bertempat di Pondok Pesantren Yasinat II, DesaTembokrejo, Kecamatan Gumukmas.

Ketua Panitia Ahmad Syahroni mengatakan kegiatan, tersebut diikuti oleh Pengurus Pondok Pesantren, Pengurus Ranting, Pengurus Anak Cabang GP Ansor Se-Cabang Kencong.

” Sebab, rata-rata pengurus dan anggota tersebut di kediamannya masing-masing mangku langgar (Musholla). Secara tidak langsung mereka masih merawat dan melantunkan pujian-pujian jowo ” tutur Syahroni.

Selain di perlombakan, kegiatan tersebut dimaksudkan dalam rangka menginventarisir syair-syair Pujian Jowo di kalangan masyarakat khususnya warga Nahdliyin di wilayah Cabang Kencong.

Hal itu dibenarkan oleh Ketua Lesbumi NU Cabang Kencong, Muhammad Ridhwan Khamid bahwa kegiatan tersebut bertujuan dalam rangka melestarikan dan menginventarisir syair-syair pujian para leluhur dan walisongo yang syarat akan makna filosofis.

” Syair-syair tersebut akan kami inventarisir dan dibukukan menjadi buku saku Pujian Jowo di Langgar, Musholla dan Masjid bahkan Pondok Pesantren ” jelas Ridhwan.

Pihaknya beserta jajaran pengurus telah berkomitmen akan membukukan Syair-syair Pujian tersebut serta berencana akan di Launchingkan dalam momentum Konfercab NU Kencong mendatang.

” Di tunggu saja, mohon doa dan dukungannya ” Tambahnya dengan penuh harap.

Berdasarkan informasi panitia, peserta Festival Pujian Jowo tersebut diikuti 14 Grup. Berikut hasil penilaian dewan juri dan keputusan panitia tentang Juara Favorit dan 3 Juara Terbaik.

Juara pertama diraih oleh Ansor Nuso Barong delegasi PR. GP Ansor Paseban, disusul juara kedua Sworo Langit delegasi PR. GP Ansor Wonorejo. Juara ketiga diraih oleh Tombo Ati Al-Barokah delegasi PR. GP Ansor Paleran dan Juara Favorit diraih oleh tuan rumah, Lego Laras dari PR. GP Ansor Tembokrejo.

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.