Kerjasama dengan Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Malang, Pemkot Blitar Gelar Penanaman Pohon

KOTA BLITAR, NUSANTARATERKINI.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar bekerjasama dengan Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Malang menggelar gerakan penanaman pohon dalam rangka Hari Bhakti Rimbawan ke-38 yang diselenggarakan di tanah bengkok Kelurahan Rembang Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, Jumat (19/03/2021).

Walikota Blitar Drs. H. Santoso, M.Pd mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini atas kerjasama Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Malang dengan Pemkot Blitar. “Saya sangat berterima kasih karena dalam rangka Hari Bhakti Rimbawan ke-38, mendapat bantuan 250 pohon dari berbagai macam jenis tanaman, seperti klengkeng, pala dan pohon lainnya,” jelas Santoso usai menanam pohon secara simbolis.

Ia berharap, setelah ditanam supaya dijaga, bagaimana supaya bisa tumbuh sampai tinggi, karena kegiatan ini sebagai upaya untuk menyeimbangkan lingkungan dengan merawat dan menjaga lingkungan, sehingga nanti kebutuhan O2 dan CO2 bisa seimbang.

Menurut kajian dari ilmu kesehatan, sambungnya, bahwa satu pohon kalau tumbuh besar, bisa mencukupi kebutuhan O2 sampai dua orang. Berarti kalau 250 pohon, maka bisa menyelamatkan kebutuhan 500 orang. “Nah, kalau O2 dan CO2 bisa seimbang, InsyaAllah manusia akan menjadi sehat,” ungkapnya.

Sementara, kalau di Kota-kota besar timbul kerusakan, lingkungannya sempit karena banyak penduduk, menurutnya tidak seimbang. Makanya pemerintah mencanangkan hutan kota.

“Mudah-mudahan kerjasama ini terus berlanjut, sehingga nanti, khususnya bagi peduli lingkungan dan pemerhati lingkungan untuk selalu menjaga wilayahnya masing-masing. Lebih-lebih di Kota Blitar sangat terbatas lahan pertanian dan hutannya, untuk itu sering ditanami pohon dibeberapa tempat supaya bisa membantu dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” imbuhnya. (Hms/Adv)

 

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.